Beredar Bocoran Spesifikasi PlayStation 5 Pro, Kinerjanya Naik Signifikan
Render konsep Sony PS5 Pro (Insider Gaming)
11:40
23 April 2024

Beredar Bocoran Spesifikasi PlayStation 5 Pro, Kinerjanya Naik Signifikan

      - Rumor mengenai konsol Sony yang akan datang, PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro telah beredar selama beberapa waktu sekarang. Meskipun detailnya masih langka, laporan terbaru dari Insider Gaming telah menjelaskan kemungkinan spesifikasi konsol game tersebut.  

  Jika bocoran spesifikasinya bisa dipercaya, CPU PS5 Pro akan tetap identik dengan PS5 standar. Namun, model Pro dikatakan memperkenalkan 'Mode Frekuensi CPU Tinggi' yang baru.    Mode ini dilaporkan akan mendorong kecepatan clock CPU menjadi 3,85GHz, sebuah peningkatan hingga 10 % dibandingkan konsol standar. Namun hal ini mungkin menurunkan kinerja GPU sekitar 1,5 %.    Apalagi PS5 Pro dikabarkan akan mendapat peningkatan bandwidth sebesar 28%. Artinya, ia akan memiliki kecepatan 576 GB/s dibandingkan dengan edisi standar yang 448 GB/s.   Bandwidth memori yang lebih tinggi memungkinkan transfer data yang lebih cepat antara memori sistem dan GPU, yang dapat meningkatkan fidelitas grafis, rendering lebih cepat, dan kinerja game yang lebih baik secara keseluruhan.   Omong-omong, bocoran detail GPU PS5 Pro mengungkapkan peningkatan kinerja yang dramatis. Kita berbicara tentang potensi lompatan sebesar 45 % dalam kekuatan rendering, kinerja ray tracing 2-3x (bahkan 4x) lebih cepat, dan komputasi presisi tunggal sebesar 33,5 teraflops yang mengesankan.   Semua ini merupakan tambahan dari perangkat keras khusus untuk akselerasi ray tracing. Semuanya diterjemahkan ke dalam konsol yang bertujuan untuk pengalaman 4K yang mulus dan visi 8K yang tahan masa depan.   Seiring dengan itu, PS5 Pro dinilai memiliki teknologi audio yang lebih baik. Audio Compute Voice (ACV) dilaporkan berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi, menghasilkan peningkatan kinerja sebesar 35% untuk perpustakaan Audio Compute Module (ACM).   

  Dengan munculnya detail ini, kita dapat mengharapkan pengumuman resmi untuk konsol tersebut segera. Untuk Anda para fans konsol game Sony, Anda pasti sudah tidak sabar menanti kehadiran PS5 Pro. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #beredar #bocoran #spesifikasi #playstation #kinerjanya #naik #signifikan

KOMENTAR