8 Tips Ampuh Hilangkan Jamur Kaca Mobil Menggunakan Bahan yang Mudah Didapat, Tak Perlu Biaya Mahal
Ilustrasi membersihkan kaca mobil. (Freepik)
15:00
22 April 2024

8 Tips Ampuh Hilangkan Jamur Kaca Mobil Menggunakan Bahan yang Mudah Didapat, Tak Perlu Biaya Mahal

- Kaca mobil merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Kaca mobil yang kotor dan berjamur akan membuat pandangan pengendara terganggu sehingga kegiatan menyetir menjadi tidak nyaman.

Jamur pada kaca mobil dapat muncul akibat beberapa hal. Cuaca yang tidak bisa diprediksi, sisa air hujan yang masih menempel di kaca, dan pengeringan mobil setelah dicuci tidak sempurna.

Berikut tips untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan bahan yang murah dan mudah didapat:

Lap Kaca Setelah Hujan ataupun Sehabis Mencuci Mobil

Jamur mudah tumbuh di tempat lembab oleh sebab itu kaca yang tidak kering sempurna akan mudah ditumbuhi jamur. Gunakan lap seperti kanebo atau kain microfiber untuk mengeringkan kaca sehabis mencuci mobil ataupun setelah terkena air hujan.

Menggunakan Baking Soda

Campurkan soda kue dengan air kemudian semprotkan cairan baking soda pada kaca mobil yang berjamur. Tidak hanya membersihkan jamur, baking soda juga menyerap sisa kelembaban yang dapat menyebabkan jamur tumbuh di kaca mobil.

Memakai Pasta Gigi

Gunakan pasta gigi yang berwarna putih, oleskan pada permukaan kaca mobil yang terkena jamur, kemudian tunggu hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan gosok kaca mobil secara perlahan menggunakan kain lap.

Jangan lupa untuk mengeringkan kaca mobil menggunakan kain kering atau kertas koran agar tidak lembab.

Gunakan Minuman Soda

Selain menghilangkan dahaga, minuman soda juga dapat menghilangkan noda jamur yang muncul di kaca mobil. Caranya adalah dengan menggosok kaca mobil menggunakan kain bersih yang sudah lebih dulu dibasahi dengan air minuman soda.

Perlu beberapa kali treatment menggunakan minuman soda agar kaca mobil kembali bersih seperti semula.

Pakai Pemutih Pakaian

Cairan pemutih ampuh menuntaskan noda pada pakaian. Namun, pemutih pakaian dapat pula digunakan sebagai bahan pembersih kaca mobil yang berjamur.

Ambil kain lap yang lembut kemudian basahkan kain tersebut dengan cairan pemutih pakaian. Kain yang lembut sengaja dipilih agar tidak menggores kaca mobil. Setelah itu, gosokkan kain perlahan pada permukaan kaca mobil yang berjamur.

Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel sering digunakan untuk membersihkan kotoran salah satunya jamur pada kaca mobil. Dibutuhkan 3 sendok cuka apel yang dicampur dengan 1 liter air untuk membuat bahan pembersih kaca.

Kemudian, celupkan kain lembut ke dalam cairan tersebut lalu gosokkan pada kaca mobil yang terkena jamur. Setelahnya segera keringkan dengan kertas koran.

Memakai Air Tembakau

Cara membersihkan kaca mobil berjamur dengan air tembakau adalah rendam lebih dahulu tembakau kering ke dalam air bersih selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan area kaca mobil yang berjamur memakai air dingin dan tunggu hingga kering.

Sesudah kering, siramkan cairan air tembakau pada jamur di kaca mobil kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Gunakan Alhokol dengan Kadar 50-90 persen

Basahi kain bersih dengan alkohol dengan kadar 50-90 persen kemudian gosok secara perlahan pada permukaan jamur di kaca mobil.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tips #ampuh #hilangkan #jamur #kaca #mobil #menggunakan #bahan #yang #mudah #didapat #perlu #biaya #mahal

KOMENTAR