Merger Sukses, Indosat Pelan-pelan Mulai Ancam Telkomsel
Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]
14:56
18 April 2024

Merger Sukses, Indosat Pelan-pelan Mulai Ancam Telkomsel

Perusahaan analisis jaringan OpenSignal mengungkapkan kalau merger operator seluler Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 pada Januari 2022 lalu itu terbukti sukses. Perusahaan yang kini bernama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) itu menjadi operator seluler terbesar kedua di Indonesia setelah Telkomsel.

"IOH ingin memanfaatkan kekuatan kedua entitas untuk meningkatkan jangkauan jaringan, kualitas layanan, dan inklusivitas digital di seluruh Indonesia," tulis OpenSignal dalam laporannya, dikutip Kamis (18/4/2024).

Riset OpenSignal yang dilakukan periode Desember 2022 hingga Februari 2024 itu menemukan kalau IOH telah memberikan dampak signifikan untuk menantang Telkomsel dalam lanskap pengalaman jaringan seluler, khususnya di wilayah pedesaan secara nasional hingga luar Pulau Jawa.

Dari temuan OpenSignal, Telkomsel memang terus memimpin untuk wilayah perkotaan, pinggiran kota, hingga pedesaan dengan skor masing-masing 9.6, 9.0, dan 8.4.

Namun baik Indosat dan Tri (3) membuntuti di belakang mereka dengan skor 7.7 untuk perkotaan, 7.4 untuk pinggiran kota, dan 3.3 untuk rural. Di belakang Indosat ada XL Axiata dan Smartfren yang menempati peringkat tiga dan empat.

OpenSignal menyampaikan kalau skor di kategori Pengalaman Jangkauan itu menandakan kalau IOH mulai fokus memperluas jaringannya di Indonesia.

Selama 2023, Indosat memang menambah jumlah menara Base Transceiver Stations (BTS) dari 180.000 menjadi 229.000 atau meningkat 27,2 persen. Sebagai perbandingan, jumlah BTS Telkomsel di Indonesia mencapai 247.472.

Internet Indosat makin cepat

Selain cakupan wilayah, riset OpenSignal menemukan kalau jaringan Indosat juga makin cepat dan mendekati Telkomsel. Untuk wilayah perkotaan misalnya, Indosat dan Tri masing-masing memperoleh skor 20.1 dan 19.9.

Telkomsel sendiri masih memimpin dengan skor 27.3. Tapi kecepatan Indosat masih kalah dari XL Axiata yang memiliki poin 23.6 di wilayah kota.

Di wilayah pinggiran kota, Indosat dan Tri bersaing dengan XL Axiata dengan skor masing-masing 21.0, 20.0, dan 21.0. Telkomsel tetap memimpin dengan skor 24.2.

Tapi untuk wilayah pedesaan, Indosat hampir setara dengan Telkomsel. Indosat memiliki skor 20.0, sedangkan Telkomsel 20.3.

"Kecepatan download rata-rata untuk pengguna 3 kami telah meningkat sebesar 43,6 persen di wilayah Pedesaan, 48,5 persen di Perkotaan, dan 49 persen di wilayah Pinggiran Kota. Pengguna Indosat mengamati peningkatan yang sedikit lebih rendah di wilayah ini, namun mereka melihat peningkatan terbesar di wilayah Pedesaan," pungkasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #merger #sukses #indosat #pelan #pelan #mulai #ancam #telkomsel

KOMENTAR