CEO Apple Akui Cinta Indonesia: Masa Depannya Sangat Cerah
Bos Apple Tim Cook diapit dua menteri, Menkominfo Budi Arie dan Menperin Agus Gumiwang usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (17/4/2024). [Suara.com/Novian]
14:00
17 April 2024

CEO Apple Akui Cinta Indonesia: Masa Depannya Sangat Cerah

CEO Apple Tim Cook baru saja menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Di sela-sela pertemuan, dia memuji Indonesia setinggi langit.

"Saya sangat mencintai Indonesia. Saya suka atmosfer di sini, budayanya. Saya suka dengan semangat muda, keberagaman, dan dinamisme lingkungan lokal," kata Cook di Istana Negara, Rabu (17/4/2024).

Tim Cook menilai kalau Indonesia memiliki faktor kunci yang sudah berjalan baik untuk saat ini. Dia bahkan memprediksi kalau masa depan Indonesia sangat cerah.

"Saya melihat semua faktor kunci untuk sebuah negara yang sedang berjalan dengan baik saat ini, dan akan berjalan bahkan lebih baik di masa depan. Saya pikir masa depannya sangat cerah," puji dia.

Tim Cook juga membuka peluang untuk membangun pabrik iPhone di Indonesia.

"Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk melihat adanya manufaktur di negara ini, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan," katanya.

Tim Cook mengaku berminat agar Apple menanamkan investasi di Indonesia. Ia mengaku percaya kepada pasar Tanah Air.

"Saya pikir kemampuan investasi di Indonesia tidak terbatas. Saya pikir ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi, dan kami berinvestasi, kami percaya pada negara ini," lanjut dia.

Ia juga mengaku senang sudah diterima Pemerintah RI. Cook menilai pertemuan mereka membahas potensi besar yang ada di Indonesia.

"Saya pikir kita telah memiliki percakapan yang sangat baik, dan saya sangat menghargai waktu bersama. Ini adalah sebuah dialog tentang potensi besar yang ada di negara ini dan komitmen kami terhadap negara tersebut," imbuhnya.

Tim Cook sendiri berkunjung ke Indonesia untuk meresmikan Apple Developer Academy di Bali. Ini adalah fasilitas pelatihan Apple keempat yang ada di Tanah Air.

"Kami akan membuka developer academy keempat. Kami baru saja mengumumkannya kemarin, yang ini akan berada di Bali," katanya.

"Kami tidak sabar melihat bagaimana tiga akademi sebelumnya telah menghasilkan lulusan ribuan orang dan mampu membuat aplikasi untuk App Store yang menarik perhatian tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Jadi, kami sangat antusias," pungkasnya.

Diketahui Apple jadi satu-satunya brand ponsel yang tidak memiliki pabrik iPhone di Indonesia. Mereka juga tidak memiliki Apple Store, toko resmi untuk menjual produk Apple di Tanah Air.

Apple bisa menjual produknya di Indonesia lewat pemenuhan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) berupa investasi Apple Developer Academy yang berada di BSD Tangerang, Batam, Surabaya, dan terbaru di Bali.

Menurut Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, total nilai investasi empat Apple Developer Academy di Indonesia sendiri bernilai Rp 1,6 triliun.

Sementara itu brand ponsel seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Asus, dan lain-lain sudah memiliki pabrik perakitan dan memiliki toko penjualan resmi di Indonesia.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #apple #akui #cinta #indonesia #masa #depannya #sangat #cerah

KOMENTAR