Fitur Tersembunyi HyperOS, Bawa Pengalaman Baru Pakai HP Xiaomi
Ilustrasi HyperOS di Redmi Note 12. [Dok. Xiaomi Indonesia]
17:32
15 April 2024

Fitur Tersembunyi HyperOS, Bawa Pengalaman Baru Pakai HP Xiaomi

Xiaomi menggunakan antarmuka baru, HyperOS sebagai pengganti MIUI. Secara bertahap akan diberikan update ke HP Xiaomi. Sejalan dengan itu, sejumlah HP baru dari Xiaomi sudah memakai HyperOS sebagai bawaan.

Kehadiran HyperOS di HP Xiaomi ini bukan sekadar tampilan baru yang membuat lebih segar. Namun diklaim memberikan pengalaman baru dalam memakai smartphone yang lebih segar.

Karena Xiaomi memberikan berbagai fitur baru maupun fitur tersembunyi yang tidak banyak diketahui pengguna. Fitur-fitur yang mendukung aktivitas penggunanya.

Masih berbasis sistem operasi Android, apa saja fitur tersembunyi HyperOS yang belum banyak diketahui pengguna HP Xiaomi?

Fitur HyperOS untuk HP Xiaomi

Berikut adalah kumpulan fitur tersembunyi HyperOS Xiaomi yang mungkin belum Anda tahu:

1. Pusat Kontrol HyperOS yang Mirip iOS 17

Perubahan pertama bisa dilihat di Pusat Kontrol HyperOS. Xiaomi mengubahnya setiap tahun, tetapi HyperOS membawanya ke tingkat yang benar-benar baru.

Tampilannya mirip dengan pusat kendali iOS 17. Anda bisa mengelola apapun di ponsel ini dengan sangat mudah dengan tampilan baru ini

2. Layar Kunci yang Dapat Disesuaikan

HyperOS memberi Anda kendali penuh atas layar kunci Anda. Anda dapat memilih dari ratusan wallpaper yang telah ditentukan sebelumnya, menerapkan berbagai gaya, dan mengubah apa pun yang Anda inginkan kapan saja.

Anda bahkan dapat menerapkan efek kedalaman pada wallpaper Anda seperti di iOS.

3. Efek Bokeh

Fitur paling tersembunyi di aplikasi Galeri adalah efek Bokeh. Anda bisa memburamkan latar belakang, mempercantik foto Anda, dan menjadikan foto tersebut menonjol. Pastikan Anda telah memperbarui ke Galeri Xiaomi terbaru untuk mencobanya.

4. UI Kamera Baru

Bagi mereka yang memiliki ponsel premium Xiaomi, bersiaplah untuk transformasi aplikasi kamera. Anda akan disuguhkan fitur berupa navigasi mode cepat, sentuhan warna-warni, dan banyak lagi.

5. Fitur Baterai Baru

HyperOS terinspirasi oleh Apple iOS 17. Ini bisa Anda lihat dari tampilan fitur baterai. Kini Anda dapat memeriksa berapa kali perangkat Anda telah diisi dayanya dan menyetel mode saat ini untuk meningkatkan kinerja baterai .

6. Lebih dari 30 Wallpaper Baru

Setiap tahun dengan pembaruan OS baru, Xiaomi merilis wallpaper baru. Tahun ini, HyperOS hadir dengan lebih dari 30 wallpaper baru untuk dipilih, sehingga Anda dapat menemukan wallpaper yang sesuai dengan gaya Anda.

7. Stiker Langsung

Fitur iOS 17 lainnya yang hadir di OS baru Xiaomi adalah Live Stiker. Sekarang, Anda dapat menekan dan menahan objek apa pun di foto untuk membagikan dan menyalinnya serta menggunakannya sebagai stiker langsung.

Anda juga dapat mengubah latar belakang gambar apapun menggunakan teknik yang sama.

8. Bilah Sisi HyperOS: Gesek dan Buka

Fitur baru lainnya adalah Sidebar. Ini memungkinkan Anda mengatur beberapa aplikasi dan mengaksesnya secara langsung hanya dengan menggesekkan dari tepi layar.

Ini adalah fitur yang sudah ada sejak lama, namun pembaruan OS baru telah membawa beberapa perubahan UI untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

9. Manajer File yang Diperbarui

Manajer File juga telah mengalami perombakan UI besar-besaran di HyperOS. Sekarang, Anda dapat dengan mudah mengelola semua file Anda dari bagian yang dikategorikan dan memfilternya sesuai kebutuhan Anda.

File Manager di HyperOS semakin user friendly sehingga sangat mudah digunakan.

10. Aplikasi Galeri Baru

Galeri juga telah diperbarui dengan beberapa fitur baru, termasuk Live Stiker, kemampuan untuk mengubah latar belakang gambar, dan kemampuan untuk menerapkan efek bokeh pada foto Anda.

Anda juga dapat memeriksa lokasi foto Anda di peta dari pengaturan Peta Galeri.

11. Wallpaper dan Personalisasi

Di MIUI, mengubah wallpaper, font, dan tema bisa jadi sedikit rumit. Namun dengan HyperOS 1.0 , Anda dapat dengan mudah mengubah semua pengaturan ini dari bagian Wallpaper dan Personalisasi baru di aplikasi Pengaturan.

Bagian ini memungkinkan Anda mengubah AOD, ikon, font, dan tema, semuanya dari satu tempat.

12. Stiker Langsung

Fitur iOS 17 lainnya yang hadir di OS baru Xiaomi adalah Live Stiker. Sekarang, Anda dapat menekan dan menahan objek apa pun di foto untuk membagikan dan menyalinnya serta menggunakannya sebagai stiker langsung.

Anda juga dapat mengubah latar belakang gambar apapun menggunakan teknik yang sama.

13. Peningkatan Keamanan

Aplikasi keamanan telah diubah sepenuhnya dan sekarang menyertakan banyak fitur baru. Jika perangkat Anda menjalankan MIUI 14, Anda juga dapat mencoba fitur keamanan baru dengan mengunduh aplikasi keamanan.

Itulah jajaran fitur tersembunyi dari HyperOS untuk HP Xiaomi.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #fitur #tersembunyi #hyperos #bawa #pengalaman #baru #pakai #xiaomi

KOMENTAR