5 Cara Mengeluarkan Air yang Masuk ke Dalam AirPods
Apple Airpods. [Shutterstock]
13:32
9 April 2024

5 Cara Mengeluarkan Air yang Masuk ke Dalam AirPods

Kerusakan akibat air dapat menjadi masalah besar bagi AirPods. Meskipun beberapa di antaranya diberi label kedap air, namun tidak sepenuhnya kedap air.

Ada beberapa kerusakan yang akan terjadi jika AirPods kemasukan air, beberapa di antaranya mencakup AirPods tidak mengeluarkan suara, tidak dapat terhubung ke perangkat, AirPods mengeluarkan suara mendengung, hingga casing pengusi daya tidak bisa mengisi baterai AirPods.

Berikut ini lima solusi terbaik tentang cara mengeluarkan air dari AirPods:

1. Lepaskan bantalan telinga AirPods

Jika pengguna menggunakan model AirPod, seperti AirPods Pro, yang menggunakan ujung yang dapat dilepas, lepaskan bantalan dengan hati-hati karena air mungkin terperangkap di dalam plastik.

2. Keringkan AirPods dengan kain yang tidak berbulu

Pengguna dapat menyeka dan menepuk-nepuk AirPods secara perlahan dengan kain tidak berbulu untuk menghilangkan air sebanyak mungkin.

3. Gunakan paper towel

Pengguna bisa menggunakan paper towel untuk mengeringkan wadah pengisi daya AirPods. Jika bagian dalam wadah pengisi daya juga basah, gunakan paper towel berkualitas tinggi menjadi bentuk pensil dan gunakan ini untuk menyeka bagian dalam wadah secara perlahan hingga kertas tidak lagi menyerap air.

Airpods 2. [Shutterstock]Airpods 2. [Shutterstock]

4. Biarkan AirPods kering

Solusi lainnya yang bisa dilakukan adalah membiarkan AirPods dan casing pengisi daya mengering semalaman. Cukup letakkan wadah pengisi daya dan AirPods menghadap ke bawah di bawah sinar Matahari tidak langsung selama 24 jam hingga kering.

Usahakan untuk menghindari sinar Matahari langsung, terutama di daerah beriklim panas, karena dapat merusak barang elektronik.

5. Gunakan pintasan Water Eject di iPhone

Di iPhone, buka Settings dan pilih Shortcuts > Private Sharing. Kemudian buka halaman shortcut Water Eject di iPhone dan pilih Get Shortcut > Add Shortcut untuk menginstalnya. Terakhir, buka My Shortcuts dan pilih Water Eject > Begin Water Ejection.

Itulah beberapa opsi yang dapat dilakukan pengguna untuk mengeluarkan air dari dalam AirPods.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengeluarkan #yang #masuk #dalam #airpods

KOMENTAR