Perbedaan Layar OLED, AMOLED dan IPS, Mana yang Lebih Baik?
Samsung Galaxy A55 5G. [Samsung]
14:56
4 April 2024

Perbedaan Layar OLED, AMOLED dan IPS, Mana yang Lebih Baik?

Berikut adalah perbedaan layar OLED, AMOLED, dan IPS yang biasa digunakan di sejumlah perangkat pintar. Di antara ketiganya, mana yang kualitasnya lebih baik?

Bisa dikatakan OLED, AMOLED, dan IPS LCD adalah tiga teknologi tampilan yang paling umum digunakan di ponsel cerdas, tablet, dan perangkat elektronik lainnya.

Setiap teknologi tampilan memiliki sifat yang berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Buat Anda yang penasaran, berikut adalah perbedaan layar OLED, AMOLED, dan IPS.

Perbedaan Layar OLED, AMOLED dan IPS

1. Apa itu OLED?

OLED adalah singkatan dari Organic Light-Emitting Diode, dan ini adalah jenis layar yang Anda lihat di hampir semua ponsel cerdas, tablet, dan jam tangan pintar modern kelas atas. 

OLED ditemukan pada tahun 1987, tetapi karena biaya produksinya sangat mahal pada saat itu, teknologi ini baru mulai muncul di perangkat elektronik konsumen sekitar pertengahan tahun 2010-an.

OLED menggunakan molekul organik untuk memancarkan cahaya dan menyala sendiri, artinya setiap piksel menghasilkan cahayanya sendiri. 

Oleh karena itu, OLED memberikan rasio kontras tak terbatas dan warna hitam sempurna, karena piksel yang tidak diperlukan dapat dimatikan. Warna hitam pada LCD terlihat lebih keabu-abuan jika dibandingkan.

Monitor OLED lebih tipis, ringan, hemat energi, akurat warna, menawarkan sudut pandang lebar, dan memiliki waktu respons lebih cepat dibandingkan monitor LCD.

Tentu saja OLED hadir dengan permasalahan uniknya tersendiri. Sebagai permulaan, OLED rentan terhadap burn-in, yaitu perubahan warna permanen pada bagian layar yang menampilkan gambar yang sama dalam jangka waktu lama. 

Misalnya, tombol navigasi atau simbol bilah status di ponsel Anda atau screen saver di monitor PC Anda.

OLED juga memiliki umur lebih pendek dibandingkan LCD karena bahan organik yang digunakan dalam OLED cenderung terdegradasi seiring waktu. 

Salah satu kelemahan OLED yang kurang dikenal adalah kecerahan puncaknya lebih rendah dibandingkan LCD, sehingga lebih cocok untuk penggunaan di dalam ruangan. Dan, tentu saja, OLED lebih mahal.

2. Apa itu layar AMOLED?

AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode dan merupakan versi perbaikan dari teknologi layar OLED yang menggunakan teknologi matriks aktif untuk mengontrol setiap piksel. 

Layar AMOLED menggunakan transistor film tipis (TFT) untuk mengontrol setiap piksel secara aktif. Artinya setiap piksel secara otomatis menyala atau mati secara independen untuk kontrol tampilan yang presisi.

Penting untuk dicatat bahwa layar AMOLED mewarisi keunggulan teknologi OLED (seperti warna cerah dan hitam pekat), namun menggunakan lebih sedikit daya saat menampilkan konten yang lebih gelap karena piksel individual dapat dimatikan.

3. Apa itu layar IPS LCD

Sementara IPS LCD adalah singkatan dari In-Plane Switching Liquid Crystal Display, dan ini hanyalah versi LCD yang lebih baru, ditemukan pada tahun 1996 dan masih banyak digunakan hingga saat ini. I

PS LCD menggunakan metode penyelarasan kristal cair yang berbeda dibandingkan LCD tradisional, sehingga menghasilkan sudut pandang yang lebih baik, reproduksi warna yang lebih baik, dan waktu respons yang lebih cepat (terutama jika dibandingkan dengan teknologi LCD lainnya, seperti penyelarasan vertikal atau twisted nematic).

Mana yang lebih baik?

Jika Anda menginginkan kualitas gambar terbaik, OLED dan AMOLED adalah pilihan bagus. Sebab OLED dan AMOLED  memberikan warna yang kaya, kontras tinggi, warna hitam sempurna, waktu respons cepat, sudut pandang lebar, dan cukup hemat energi.

Kelebihan ini akan berguna jika Anda memiliki perangkat portabel dan perlu menghemat baterai.

Namun jika Anda mementingkan ponsel dengan harga murah, maka ponsel dengan teknologi layar IPS LCD bisa menjadi pilihan.

Itulah perbedaan layar OLED, AMOLED dan IPS yang mungkin belum Anda tahu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #perbedaan #layar #oled #amoled #mana #yang #lebih #baik

KOMENTAR