Google Sebut Teknologi AI di HP Membutuhkan RAM Besar
Google Gemini. [Google]
10:32
3 April 2024

Google Sebut Teknologi AI di HP Membutuhkan RAM Besar

Google dilaporkan akan merilis teknologi AI miliknya di beberapa perangkat Google Pixel. Sayangnya, perusahaan teknologi tersebut menyebut jika tidak semua perangkat bisa mencicipi kecanggihan AI bernama Gemini Nano ini.

Menurut informasi sebelumnya, salah satu perangkat yang nantinya tidak bisa mencicipi Gemini Nano ini adalah Google Pixel 8. Alasan hal ini rupanya karena keterbatasan hardware untuk digunakan di perangkat tersebut.

Dilansir dari TechSpot, Google menyebut jika Google Pixel 8 tidak memiliki RAM yang cukup untuk bisa menjalankan teknologi AI garapan perusahaan tersebut yaitu Gemini Nano.

VP Devices and Services Software Google, Seang Chau menyebut jika perangkat Google Pixel 8 Pro menjadi satu-satunya perangkat yang paling cocok bekerja dengan menggunakan Gemini Nano. Hal tersebut karena RAM 12 GB yang digunakan.

Di sisi lain, Google Pixel 8 justru tidak bisa optimal ketika menggunakan Gemini Nano. Pasalnya, perangkat ini menggunakan RAM 8 GB. Google disebut-sebut tidak mau menurunkan pengalaman pengguna dengan memaksa memakai teknologi AI.

Ultra HDR di Google Pixel 8. [YouTube/ Android]Ultra HDR di Google Pixel 8. [YouTube/ Android]

Namun, dalam laporan terbaru, Google justru menyebut jika Gemini Nano akan segera tersedia untuk Google Pixel 8. Syarat khusus agar teknologi ini bisa befungsi adalah akses melalui developer option.

Nantinya, ketika pilihan developer option ini diaktifkan, pengguna justru tidak bisa mengakses fitur smart reply yang biasanya akan tersimpan menggunakan RAM yang dibawa oleh perangkat tersebut.

Biasanya, kapasitas RAM yang ada di perangkat Google Pixel 8 akan makin berkurang. Hal ini yang kemudian membuat Google banyak berpikir sebelum memutuskan merilis teknologi AI di Google Pixel 8.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #google #sebut #teknologi #membutuhkan #besar

KOMENTAR