Andalkan Smartphone untuk Perjalanan Mudik, Ini Tips Supaya Baterainya Lebih Awet
Ilustrasi: Baterai smartphone lowbat. (The Street).
11:36
2 April 2024

Andalkan Smartphone untuk Perjalanan Mudik, Ini Tips Supaya Baterainya Lebih Awet

Buat kita yang sibuk sehari-hari dan mengandalkan betul perangkat smartphone, baterai yang cepat habis jelas bikin repot. Apa lagi saat ini musim mudik Lebaran segera tiba, praktis smartphone jadi perangkat yang ikutan sibuk dalam menemani perjalanan kita.

Meskipun saat ini ada solusi powerbank, mengidentifikasi penyebab utama retensi baterai lebih penting dari pada sedikit-sedikut ngecas. Saat perjalanan mudik, hal tersebut jadi nggak praktis, belum lagi nggak setiap fasilitas umum ada colokan buat ngecas.   Lantas, mengapa baterai ponsel cepat terkuras? Ada beberapa alasan mengapa baterai ponsel Anda cepat habis. Diantara semuanya, Anda perlu memeriksa kecerahan layar, semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, koneksi nirkabel, lokasi aplikasi pelacakan, dan kondisi baterai.    Berikut beberapa faktor yang bisa bikin baterai smartphone jadi cepat habis dan bisa dihindari supaya smartphone kita tetap optimal dalam menemani perjalanan mudik kita.  

  Layar Jangan Terlalu Terang    Kecerahan layar yang tinggi adalah alasan paling jelas mengapa baterai ponsel Anda cepat habis. Meskipun jadi tampak mudah untuk melihat teks di layar dengan kecerahan yang ditingkatkan sepenuhnya, kecerahan yang tinggi akan sangat menguras baterai ponsel Anda.   Supaya lebih awet saat diajak perjalanan mudik, jangan gunakan kecerahan layar yang terlalu terang jika tidak benar-benar diperlukan. Anda hanya perlu membuka pengaturan kecerahan ponsel Anda dan menurunkan penggesernya. Namun, jangan hanya mengatur tingkat kecerahan ke rendah hanya agar baterai ponsel Anda tidak cepat habis.   Layar yang redup hanya lebih baik jika Anda berada di lingkungan gelap tanpa cahaya sekitar. Layar yang redup akan membuat teks dan gambar sangat sulit dilihat dengan jelas jika Anda memiliki gangguan penglihatan. Jadi, apakah itu berarti Anda harus selalu mengubah kecerahan ponsel secara manual agar baterai tidak cepat habis?   Caranya gampang. Tetap aktifkan pengaturan penyesuaian kecerahan otomatis. Fitur ini memeriksa intensitas pencahayaan sekitar Anda melalui sensor jarak dan secara otomatis mengatur kecerahan ponsel.    Tapi dalam beberapa ponsel, fitur tersebut juga termasuk yang menguras daya, jadi disarankan untuk tetap mengatur kecerahan secara manual saja. Mata Anda lebih tahu kebutuhan akan kecerahan layar smartphone Anda.  

  Gunakan Dark Mode   Sebagian besar ponsel saat ini menampilkan layar OLED. Selain membuat gambar tampak hidup dan berwarna, layar OLED memiliki keunggulan dibandingkan IPS dan jenis layar lainnya. Artinya, panel-panel ini tidak menyala ketika layar menampilkan gambar hitam pekat.   Oleh karena itu, warna hitam pada panel OLED tampak sangat gelap. Lantas, apa hubungannya dengan menjaga baterai ponsel agar tidak cepat habis? Jika piksel tidak menyala, panel tidak menggunakan daya untuk menampilkan warna hitam di layar. Hal ini pada akhirnya membuat layar OLED sangat hemat daya dalam mode gelap atau dark mode.   Jadi, jika Anda memiliki ponsel dengan layar OLED dan melihat baterai ponsel Anda cepat habis, Anda harus mengaktifkan mode gelap. Anda bisa menemukan pengaturannya dengan mudah di opsi tampilan ponsel Anda.  

  Jangan Kebanyakan Aplikasi di Latar Belakang    Tips selanjutnya juga penting diingat. Yang juga bisa bikin baterai jadi cepat habis adalah membiarkan banyak aplikasi berjalan di latar belakang. Memang beberapa aplikasi harus berjalan di latar belakang untuk pengalaman ponsel yang optimal. Misalnya saja aplikasi VPN, media sosial, kalender, kesehatan, dan antivirus.    Namun selain itu, beberapa aplikasi tetap berjalan saat Anda tidak menutupnya, hal tersebut berpotensi menguras baterai hape Anda. Ini bisa menjadi masalah besar jika Anda tidak mengaktifkan pengaturan pengoptimalan baterai pada ponsel Anda.   Anda harus membangun kebiasaan menutup aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang setelah Anda selesai menggunakannya. Ini akan menjaga baterai ponsel Anda agar tidak cepat habis dan membantunya mengelola memori secara optimal.  

  Tetap Pada Satu Koneksi   Saat dalam perjalanan, seringnya kita lupa mematikan WiFi di hape kita. Atau Bluetooth saat tidak digunakan. Kebiasaan tersebut turut menjadi penyebab baterai smartphone jadi cepat habis. Hindari.   Saat ponsel Anda terhubung ke beberapa jaringan nirkabel, baterai perlu melakukan banyak pekerjaan. Dan itu bisa mengakibatkan baterai ponsel Anda cepat terkuras. Usahakan tetap pada satu koneksi, saat ada WiFi, usahakan tetap gunakan WiFi, sebaliknya, saat memakai jaringan atau koneksi seluler, matikan WiFi. Bluetooth juga demikian, matikan jika tidak perlu.  

  Matikan Pelacakan Lokasi   Banyak aplikasi yang Anda instal di ponsel Anda dapat melacak lokasi Anda. Beberapa contohnya adalah Google Maps, Gojek, Grab, Facebook, dan Instagram. Dan meskipun Anda mungkin berpikir bahwa mereka hanya melacak lokasi Anda saat Anda menggunakan aplikasi, hal tersebut tidak selalu terjadi.    Beberapa terus-menerus memantau lokasi Anda dan membuat baterai ponsel cepat habis. Nah, ini bikin baterai jadi cepat habis juga. Matikan jika tidak sedang digunakan. Apalagi saat Anda mudik dengan transportasi umum.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #andalkan #smartphone #untuk #perjalanan #mudik #tips #supaya #baterainya #lebih #awet

KOMENTAR