Survei: Roblox Jadi Target Utama Penjahat Siber Curi Uang
Ilustrasi game Roblox (Roblox)
11:08
1 April 2024

Survei: Roblox Jadi Target Utama Penjahat Siber Curi Uang

Antara 2021 dan 2023, hampir 34.000.000 kredensial untuk Roblox telah disusupi dan diposting di dark web.

Kondisi tersebut menjadikan game ini target yang sangat menguntungkan bagi penjahat siber yang menggunakan malware infostealer.

Mengkhawatirkannya lagi, jumlah akun yang disusupi untuk permainan anak-anak populer ini terus meningkat setiap tahunnya.

Selama tiga tahun terakhir, angka ini meningkat sebesar 231 persen, dari sekitar 4.700.000 pada 2021 menjadi 15.500.000 pada 2023.

Secara umum, jumlah rata-rata akun yang disusupi dalam kombinasi 11 platform atau game game populer acak lainnya – antara lain Twitch, Electronic Arts, Sony PlayStation, dan Steam – seluruhnya meningkat sebesar 112 persen sejak 2021.

“Alasan di balik tingginya volume pencurian kredensial login yang terkait dengan Roblox adalah karena anak-anak merupakan kelompok yang paling rentan, terutama terhadap berbagai jenis rekayasa sosial," kata Yuliya Novikova, Head of Kaspersky Digital Footprint Intelligence.

Ilustrasi Dark Web. [Matryx/Pixabay]Ilustrasi Dark Web. [Matryx/Pixabay]

Misalnya, dia menambahkan, penjahat siber dapat menyembunyikan infostealer dalam file yang berisi kode berbahaya untuk menipu para gamer muda.

"Dalam beberapa kasus, penipuan ini mungkin terlihat asli, karena tautan unduhan berbahaya dapat diposting di platform media sosial yang sah dan populer seperti YouTube. Akibatnya, sejumlah besar akun yang disusupi muncul dari game yang ditujukan untuk anak-anak,” jelasnya.

Meskipun ada banyak kasus pencurian kredensial login di akun Roblox, hal tersebut bukanlah inti utama yang dicari oleh penjahat siber di dark web.

Akun-akun tertentu jauh lebih menarik bagi mereka, misalnya, jumlah postingan dark web yang menjual atau membeli akun Steam mencapai puncaknya sekitar 10.000 antara 2021 dan 2023, sementara iklan terkait akun Roblox yang dicuri tetap di bawah 150.

“Penjahat siber menargetkan akun game untuk mencuri barang-barang berharga, seperti uang sungguhan, mata uang dalam game, dan berbagai item dalam game," ungkap Yuliya Novikova.

Akun Steam tampaknya lebih menarik bagi penjahat dunia maya karena potensi untuk menemukan dan mencuri uang sungguhan di akun tersebut.

Dia menambahkan, akun Roblox dapat dieksploitasi untuk mencuri Robux mata uang dalam game, atau untuk mencuri item dalam game, atau untuk mendapatkan akses ke akun premium yang memungkinkan item ditransfer ke akun lain.

"Meskipun pengguna harus berhati-hati, pemilik platform dapat meningkatkan perlindungan dengan melacak dan segera memblokir akun yang disusupi melalui layanan khusus”, tutup Yuliya Novikova.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #survei #roblox #jadi #target #utama #penjahat #siber #curi #uang

KOMENTAR