Diler Fuso Bertambah, KTB Optimistis Penjualan Suku Cadang Akan Meningkat
Truk Canter pengirim komoditas sedang melakukan pemeriksaan di jembatan timbang. (Ilustrasi)
23:00
30 Maret 2024

Diler Fuso Bertambah, KTB Optimistis Penjualan Suku Cadang Akan Meningkat

- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) mencatat selama tahun 2023, total penjualan suku cadang Mitsubishi Fuso mencapai Rp 1,44 triliun. Angka pendapatan ini naik 17 persen dibanding angka penjualan selama tahun 2022.

Bahkan di tahun [2024] ini PT KTB optimistis penjualan spare part juga akan mengalami peningkatan karena bertambahnya jumlah diler Fuso di Indonesia, yang kini mencapai 223 unit.

Hal hal tersebut diungkapkan Sales & Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (PT KTB) Aji Jaya. Dirinya beralasan karena seiring dengan masih tumbuhnya sektor bisnis yang menggunakan kendaraan Fuso, yaitu sektor logistik.

"Karena sektor logistik sangat menyangkut dukungan ke sektor konsumsi masyarakat. Jadi suku cadang merupakan barang yang dibutuhkan pelaku usaha untuk menjaga kelangsungan kondisi truk mereka sebagai penopang operasi bisnis," ujarnya.

Aji Jaya tak menampik kalau penjualan unit kendaraan (truk) menurun tahun lalu, namun masalah perawatan dan perbaikan truk masih menjadi prioritas utama.

“Dalam kondisi apapun, armada khusunya truk harus tetap digunakan untuk mendukung operasi bisnis. Apalagi, pada saat pandemi Covid-19 kemarin, para pelaku usaha memaksimalkan truk yang ada. Maka perawatan dan perbaikan tetap dilakukan," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya PT KTB telah resmi mengoperasikan diler baru yang verstatus 3S di Tulang Bawang, Lampung. Dipilihnya menambah diler di kota kawasan Lampung, karena kota ini merupakan keluar masuknya kendaraan logistik baik dari dalam maupun luar Sumatera.

Sementara Yogi Kristian selaku After Sales Business Development Department Head PT KTB menambahkan bahwa Lampung merupakan wilayah penjualan Fuso yang permintaan suku cadangnya cukup besar.

“Posisi Lampung adalah pintu gerbang dari Jawa ke Sumatera begitu juga sebaliknya, sekaligus menjadi area perlintasan truk dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya. Banyak truk-truk dari wilayah lain di Sumatera mulai Palembang hingga Aceh yang melewati Lampung. Tidak jarang mereka beristirahat di Lampung dan melakukan perawatan atau perbaikan kendaraan,” ujar Yogi.

Pulau Sumatera merupakan wilayah penghasil komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat yang dikirim ke Jawa, sehingga populasi truk Fuso paling banyak di Indonesia. Ini akan berdampak positif ke permintaan spare part.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #diler #fuso #bertambah #optimistis #penjualan #suku #cadang #akan #meningkat

KOMENTAR