Wuling BinguoEV Kalah Gemoy, Mobil Listrik Ini Punya Tampang yang Lucu
Changan Lumin, mobil listrik yang bentuknya lucu. (Paultan).
11:24
28 Maret 2024

Wuling BinguoEV Kalah Gemoy, Mobil Listrik Ini Punya Tampang yang Lucu

  Seperti disebutkan dalam postingan pembukaan Bangkok International Motor Show (BIMS) 2024, produsen mobil Tiongkok mendominasi pameran tahunan yang berlangsung di Impact Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand itu. Salah satu merek mobil listrik yang menggebrak panggung BIMS 2024 adalah merek bernama Changan.   Changan membuat gebrakan besar di acara tersebut dengan sub-mereknya, yakni Deepal, Avatr, dan Lumin. Deepals resmi dijual, begitu pula Lumin, city car EV lucu yang juga menjadi hadiah undian bagi pengunjung pertunjukan.   Menariknya, mobil tersebut bertampang menggemaskan. Bahkan, mobil listrik Wuling BinguoEV yang sejauh ini tampak gemoy, kalah cute dibandingkan Changan Lumin.  

  Seperti dilansir dari Paultan, Changan Lumin memiliki wujud serupa Wuling Air EV tetapi dengan wajah kartun dan mata setengah terbuka. Changan mengikuti format kotak dua pintu yang dipopulerkan oleh Wuling hanya saja pada model Lumin ini dimensinya lebih besar.   Changan Lumin memiliki panjang 3.270 mm dan lebar 1.700 mm, Lumin lebih panjang 296 mm dan lebih lebar 195 mm dibandingkan Wuling, meski wheelbase 1.980 mm lebih pendek 30 mm. Volume bagasinya kecil, yaitu 104 liter, tetapi kursi belakang dapat dilipat dan pengguna bsia mendapatkan kapasitas bagasi jadi 580 liter.   Lumin kecil ini ditenagai oleh motor 48 hp yang ditenagai oleh baterai lithium-ion dari CATL. Unit LFP 27,98 kWh bagus untuk jangkauan NEDC yang diklaim 301 km. Kecepatan tertinggi adalah 101 km/jam dan kecepatan pengisian AC 3,3 kW.   

  Jika Anda menginginkan pengisian daya DC, versi 28,08 kWh (motor dan jangkauan yang sama) mendukung pengisian cepat hingga 50 kW, yang meningkatkan SoC dari 30 % menjadi 80 % dalam 35 menit.   Spesifikasi lainnya, mobil tersebut memiliki lampu depan proyektor halogen dengan lampu sein LED, velg 14 inci dengan ban 165/70 (dua inci lebih besar dari Wuling), keyless entry dengan push start, panel meter digital 7,0 inci, layar pusat 10,25 inci, Bluetooth, Apple CarPlay (pembaruan datang pada bulan Agustus), jok berbahan kain, kamera mundur, dan sensor parkir.    Ada juga pemantauan tekanan ban, ESP dan dua airbag. Fitur yang lengkap untuk ukuran mobil mungil.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #wuling #binguoev #kalah #gemoy #mobil #listrik #punya #tampang #yang #lucu

KOMENTAR