Kenali 4 Penyebab Mobil Alami Overheat Sebelum Anda Mudik
Mesin Overheat
08:24
24 Maret 2024

Kenali 4 Penyebab Mobil Alami Overheat Sebelum Anda Mudik

- Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini menggunakan mobil pribadi, sebaiknya persiapkan kondisi mobil "sehat". Tentunya Anda tak ingin mempunyai masalah saat Anda melakukan perjalanan.

Masalah yang kerap terjadi adalah overheating. Kondisi ini bisa menimbulkan kerusakan serius pada mesin mobil jika dibiarkan, dan bahkan juga membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Sebagai pemilik mobil, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang bisa membuat mesin overheat. Mobil overheat adalah kondisi di mana suhu mesin mobil melebihi suhu pemakaian normalnya.

Kondisi ini terjadi ketika suhu mesin meningkat secara signifikan di atas batas normal. Hal ini bisa Anda lihat dari indikator suhu di dashboard mobil yang meningkat ke zona merah.

Bila ini terjadi maka timbul asap keluar dari kap mesin, ada bau tidak sedap seperti sesuatu yang terbakar, atau suhu dalam kabin mobil yang menjadi sangat panas.

Sebaiknya Anda tidak mengabaikan tanda-tanda ini dan segera melakukan tindakan pencegahan. Pasalnya bila tidak segera diatasi, kondisi ini bisa berakibat fatal pada mesin dan performa mobil Anda, menimbulkan kerusakan yang jauh lebih parah.

Kondisi mesin mobil overheat biasanya disebabkan adanya masalah atau kerusakan pada sistem pendinginan mobil. Sistem pendinginan terdiri dari berbagai komponen yang masing-masing memiliki peran penting dalam mendinginkan mesin mobil.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan overheating pada mobil, di antaranya:

Masalah pada radiator

Radiator yang mempunyai fungsi mendinginkan cairan pendingin yang mengalir dalam sistem pendinginan. Bila terjadi kerusakan, misalnya bocor atau tersumbat, maka proses pendinginan tidak akan berjalan dengan baik, sehingga bisa menyebabkan mesin overheat.

Kurangnya cairan pendingin

Ini sangat penting, karena cairan pendingin memiliki peran penting dalam mendinginkan mesin. Bila volume cairan pendingin berkurang, dikarenakan bocor atau menguap, maka suhu mesin bisa meningkat dan akhinrya menyebabkan overheat.

Kerusakan pada thermostat

Thermostat merupakan komponen yang berfungsi mengatur aliran cairan pendingin ke mesin. Jika thermostat rusak, aliran cairan pendingin bisa terganggu membuat mekanisme pembuangan panas pun menjadi tidak efektif.

Kerusakan pada pompa air

Pompa air berfungsi memompa cairan pendingin ke seluruh bagian mesin. Jika komponen ini rusak atau tidak bekerja dengan baik, maka aliran cairan pendingin akan terganggu dan bisa menyebabkan overheat.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #kenali #penyebab #mobil #alami #overheat #sebelum #anda #mudik

KOMENTAR