Jarang yang Tahu, Begini Cara Menghapus Cache dan Data Google Play Store
Google Play Store. [Vic_B/Pixabay]
12:24
23 Maret 2024

Jarang yang Tahu, Begini Cara Menghapus Cache dan Data Google Play Store

Google Play Store merupakan toko aplikasi yang dibutuhkan untuk menginstal beragam aplikasi di perangkat Android. Namun terkadang, Play Store menjadi error dan tidak berfungsi dengan baik. Hal ini umumnya disebabkan oleh cache dan data aplikasi yang menumpuk.

Sayangnya, banyak pengguna yang tidak tahu bagaimana cara menghapus cache dan data aplikasi Google Play Store. Berikut ini panduan untuk menghapus cache dan data aplikasi Play Store dengan mudah:

  • Masuk ke Settings ponsel.
  • Gulir ke bawah dan pilih Apps. Di beberapa perangkat, pengguna mungkin juga perlu mengeklik All Apps untuk melihat daftar lengkap aplikasi yang terpasang.
  • Gulir ke bawah daftar aplikasi yang diinstal hingga pengguna menemukan Google Play Store.
  • Ketuk Storage & Cache.
  • Ketuk tombol Clear cache untuk menghapus cache atau Clear storage untuk menghapus data.
Google Play Store [shutterstock]Google Play Store [shutterstock]

Menghapus cache hanya akan menghapus cache. Namun, menghapus penyimpanan akan menghapus data dan cache. Pengguna tidak perlu menekan kedua tombol jika memilih untuk mengosongkan penyimpanan.

Setelah selesai, buka kembali Google Play dan itu akan dimuat ulang. Jika pengguna menggunakan ini sebagai langkah pemecahan masalah dan Play Store masih tidak berfungsi, pengguna mungkin ingin mencoba menginstal ulang Google Play Store.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #jarang #yang #tahu #begini #cara #menghapus #cache #data #google #play #store

KOMENTAR