Kominfo Klaim Apple dan Microsoft Mau Investasi di Indonesia
Wamenkominfo Nezar Patria saat ditemui di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (6/3/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
21:08
22 Maret 2024

Kominfo Klaim Apple dan Microsoft Mau Investasi di Indonesia

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengklaim kalau Apple dan Microsoft mau investasi di Indonesia.

Wamenkominfo menyebut kalau CEO Apple Tim Cook dan CEO Microsoft Satya Nadella akan datang ke Indonesia bulan depan.

“CEO Apple dengan Microsoft keduanya sudah bersurat, mereka punya niat untuk melakukan investasi di Indonesia juga,” kata Nezar saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024).

Nezar menyebutkan kalau keduanya bakal investasi dalam bentuk sumber daya manusia (SDM) berupa talenta digital hingga infrastruktur.

Ia pun menyambut baik investasi Apple dan Microsoft karena bisa menambah kekuatan nasional Tanah Air

“Kalau mereka berminat untuk berinvestasi, kami membuka tangan yang lebar dan tentu saja sambil memperkuat kekuatan nasional kita sendiri,” sambung dia.

Ia berharap kolaborasi pemerintah dengan kedua perusahaan teknologi global ini bisa memberikan manfaat yang besar, 

“Terutama untuk pembangunan kapasitas dan kompetensi talent digital Indonesia,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan kalau CEO Apple Tim Cook berencana hadir ke Indonesia pada April 2024 mendatang.

"Dari Apple, Tim Cook mau datang 20 April," kata Budi Arie di sela-sela acara Buka Puasa Bersama Kementerian Kominfo, Kamis (21/3/2024).

Menkominfo menyebut kalau kehadiran Tim Cook untuk meresmikan Apple Academy baru di Indonesia. Selain itu, Cook juga ingin meninjau kondisi Apple Academy yang sudah ada di Tanah Air.

"Dia mau bikin Apple Academy, nah kami juga mau lihat dan tinjau Apple Academy (yang sudah ada) di BSD (Tangerang)," sambung dia.

"Apple Academy ini untuk melatih SDM (sumber daya manusia), sehingga SDM-SDM digital kita semakin kompetitif," katanya lagi.

Budi Arie menerangkan kalau saat ini ada dua Apple Academy yang beroperasi di Indonesia dan berlokasi di BSD, Tangerang, hingga Batam. Lembaga itu juga sudah melatih 2.000 talenta Tanah Air.

Sayang Budi Arie belum memberikan informasi lebih lengkap soal maksud kedatangan Apple di Indonesia.

"Pembicaraan lebih lanjutnya detailnya nanti tunggu waktu. Ya sekitar tanggal 20 April pokoknya, pertengahan April," pungkasnya.

Sekadar informasi, Apple Developer Academy sudah ada di Indonesia sejak 2017. Mereka bekerja sama BINUS University di Jakarta, Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning di Batam. 

Apple Developer Academy telah menyiapkan siswa untuk pekerjaan-pekerjaan di ekonomi digital dan aplikasi yang berkembang cepat di Indonesia. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #kominfo #klaim #apple #microsoft #investasi #indonesia

KOMENTAR