Suzuki Siapkan Mobil Listrik Terbaru, Disebut Bakal Mirip Grand Vitara
Render konsep mobil listrik baru Suzuki. (Carscoops)
13:12
14 Maret 2024

Suzuki Siapkan Mobil Listrik Terbaru, Disebut Bakal Mirip Grand Vitara

- Suzuki mengonfirmasi bahwa versi produksi SUV EVX akan debut pada tahun 2025. Tetapi laporan baru dari India menunjukkan bahwa perusahaan tersebut juga sedang mengerjakan model terkait yang juga akan mengemas mesin sepenuhnya full listrik.

Sebuah minivan listrik sepenuhnya dikabarkan akan debut di pasar India pada September 2026. Menariknya, mobil listrik baru Suzuki yang akan datang itu akan berbagi platform dengan SUV berukuran Vitara.

Model tersebut diberi kode nama YMC dan akan menjadi minivan listrik pertama yang menyandang lambang Suzuki. Dilaporkan akan menggunakan arsitektur “skateboard 27PL”, yang saat ini sedang dikembangkan sebagai proyek bersama oleh Suzuki dan Toyota, yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya tubuh.

Sedangkan untuk powertrainnya, diharapkan mewarisi opsi baterai dan motor listrik EVX. Sebagai penyegaran, SUV ini akan tersedia dengan baterai 40 kWh dan 60 kWh, menawarkan perkiraan jangkauan listrik hingga 500 km (311 mil) bersama dengan kemampuan AWD.

suzuki

Jika laporan tersebut benar, maka perusahaan tersebut mungkin akan melihat pratinjau minivan tersebut dalam beberapa tahun ke depan, sehingga memberi kita gambaran tentang gayanya.

Carscoops menyebut kemungkinan minivan tersebut akan lebih panjang dari EVX yang panjangnya 4.300 mm (169,3 inci), sehingga memberikan ruang untuk tata letak tempat duduk tiga baris. Pada saat yang sama, beberapa komponennya bisa berbagi dengan SUV tersebut, termasuk dashboard dan kokpit digital.

Sementara itu, Autocar India melaporkan bahwa Maruti Suzuki berencana untuk memperluas jajaran lokalnya dengan sebanyak delapan mobil, SUV, dan MPV baru yang akan hadir dalam beberapa tahun ke depan. Tiga di antaranya akan menampilkan powertrain listrik sepenuhnya, dan sisanya bertenaga ICE atau hibrida.

Sebelum debut versi produksi konsep Suzuki EVX dan minivan mendatang, Suzuki akan meluncurkan turunan hybrid dari Baleno, Fronx, dan Swift sebagai bagian dari strategi elektrifikasinya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #suzuki #siapkan #mobil #listrik #terbaru #disebut #bakal #mirip #grand #vitara

KOMENTAR