Apa Itu Teknologi VAR, Dipamerkan Gibran di Stadion Manahan
Momen VAR pertama kali digunakan terjadi pada laga final EPA Liga 1 U-20 2023/2024 antara Persita Tangerang U-20 dan Persis Solo U-20. [Dok. PSSI]
10:00
14 Maret 2024

Apa Itu Teknologi VAR, Dipamerkan Gibran di Stadion Manahan

Belum lama ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memamerkan teknologi VAR yang akan di uji coba di Stadion Manahan.

Dia menyebutnya teknologi VAR Stadion Manahan ini akan dipakai dalam pertandingan resmi pertama bagi wasit Indonesia.

Sayangnya, apa yang disampaikan anak Presiden Jokowi melalui akun X pribadinya itu justru mendapat rkritik pedas dari warganet.

"Emang tahu tentang sepak bola bran? Nama-nama suku aja ente kagak tahu," kata seorang warganet

Lantas, sebenarnyapa apa itu teknologi VAR yang tengah menjadi viral di dunia maya?

Teknologi VAR sendiri sudah semakin sering terdengar di dunia sepak bola.

Berfungsi sebagai alat pendukung wasit di dalam mengambil keputusan.

VAR merupakan singkatan dari Video Assistant Referee.

Merupakan sebuah sistem yang membantu wasit di lapangan sepak bola.

Mereka bantu wasit dengan ngecek keputusan dengan menggunakan video.

Melansir laman resmi FIFA, VAR adalah alat pendukung untuk panitia membuat keputusan, dalam hal ini merujuk pada wasit.

VAR adalah teknologi video yang digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan selama pertandingan sepak bola.

VAR adalah teknologi yang menggunakan kamera dan teknologi video untuk merekam dan memantau peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalam lapangan.

VAR akan menyajikan tampilan pertandingan dari berbagai sudut, hingga melakukannya dalam gerakan lambat.

Wasit dapat menggunakan VAR untuk memeriksa keputusan terkait gol, penalti, kartu merah, dan peristiwa lainnya dalam pertandingan.

Jika wasit memiliki keraguan ketika mengambil keputusan, ia dapat meminta bantuan dari tim VAR yang terdiri dari wasit-wasit yang memantau permainan melalui layar video.

Wasit Thoriq Alkatiri memaksimalkan fasilitas VAR di akhir-akhir babak kedua dalam final Elite Pro Academy (EPA) antara Persis Solo U-20 melawan Persita Tangerang U-20 di Stadion Manahan, Kamis (7/3/2024) sore. [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]Wasit Thoriq Alkatiri memaksimalkan fasilitas VAR di akhir-akhir babak kedua dalam final Elite Pro Academy (EPA) antara Persis Solo U-20 melawan Persita Tangerang U-20 di Stadion Manahan, Kamis (7/3/2024) sore. [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

VAR adalah teknologi yang melibatkan empat orang asisten wasit yang ditempatkan di ruang kontrol, meninjau kembali situasi yang dianggap kontroversial dan memberikan saran kepada wasit utama di lapangan tentang keputusan yang harus diambil.

Pada akhirnya, keputusan akhir tetap ada di tangan wasit utama.

VAR resmi dijadikan bagian penting dalam aturan permainan sepak bola sama Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada 3 Maret 2018, setelah banyak uji coba di turnamen besar.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #teknologi #dipamerkan #gibran #stadion #manahan

KOMENTAR