Tips Mengatasi AirPods yang Tidak Bisa Terhubung ke iPhone, Gampang Banget
Ilustrasi: Menggunakan perangkat AirPods. (NextPit).
14:56
12 Maret 2024

Tips Mengatasi AirPods yang Tidak Bisa Terhubung ke iPhone, Gampang Banget

Bagi banyak pengguna iPhone, AirPods identik dengan pengalaman audio yang seamless dan smooth. Baik itu untuk mendengarkan lagu favorit, menerima panggilan saat bepergian, atau mendengarkan podcast, aksesori audio satu ini selalu punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya.   Namun apa yang terjadi jika Anda menemukan AirPods tidak terhubung ke iPhone secara tiba-tiba? Pastinya akan membuat Anda frustasi bukan? Jangan takut, karena masalah AirPods yang tidak terhubung ke iPhone tidak sulit untuk diperbaiki.    Anda hanya perlu memahami penyebab masalahnya dan mengambil tindakan yang diperlukan. Dilansir dari Gizchina, berikut beberapa hal perlu diketahui terlebih dahulu saat AirPods Anda tidak bisa digunakan.   

  Koneksi Gagal   Hal pertama yang bisa dikenali dari AirPods yang tidak bisa terkoneksi adalah kemungkinan koneksi gagal. Hal ini mungkin disebabkan oleh baterai AirPods atau casing pengisi daya yang lemah. Bluetooth juga dapat dinonaktifkan di iPhone Anda, sehingga AirPods tidak dapat terhubung ke ponsel Anda.   Selain itu, mungkin ada penumpukan debu di kontak pengisian daya. Bayangkan AirPods Anda sebagai stasiun radio kecil, jika baterainya habis atau sinyal (Bluetooth) lemah, hal tersebut berpotensi mengganggu konektivitasnya.  

  Masalah Pairing Bluetooth   Masalah lainnya adalah saat iPhone Anda tidak mengenali AirPods. Selain itu, bisa jadi karena koneksinya terputus-putus dan tidak dapat diandalkan. Hal ini kemungkinan karena gangguan Bluetooth dari perangkat lain, perangkat lunak yang ketinggalan zaman, atau bahkan kesalahan protokol antara iPhone dan AirPods Anda mungkin menjadi penyebabnya.  

  Salah Satu Buds Tidak Bersuara   Faktor lainnya, yang menyebabkan koneksi AirPods bisa gagal kemungkinan karena salah satu buds tidak bersuara. Sebabnya mungkin kontak pengisian daya yang kotor di AirPod yang terpengaruh, masalah perangkat lunak, atau bahkan kerusakan fisik.    Namun jika salah satu buds yang bermasalah, buds lainnya harus terhubung ke iPhone. Jika salah satunya masih bersuara, ada kemungkinan perangkat AirPods Anda rusak.   Lalu, apa yang harus filakukan saat Anda menemukan AirPods tidak bisa terhubung ke iPhone? Pertama, pastikan Bluetooth diaktifkan di iPhone Anda. Selain itu, lupakan perangkat lain yang terhubung yang mungkin memonopoli sinyal. Anggap saja seperti memiliki beberapa radio yang mencoba menggunakan frekuensi yang sama, hal tersebut berpotensi menjadi berantakan!  

  Periksa Koneksi   Apakah AirPods Anda secara tidak sengaja berpasangan dengan perangkat lain di sekitar? Periksa kembali koneksi Bluetooth di iPhone Anda. Pastikan mereka dipilih sebagai output audio. Ini seperti memastikan Anda berada di saluran yang tepat untuk mendengarkan musik!   Baterai AirPods Lemah   Baterai lemah? Periksa tingkat baterai AirPods dan wadah pengisi dayanya. Cari tanda lampu hijau pada kasus ini. Kedipan berwarna kemerahan berarti saatnya untuk menambah daya. Jika Anda tidak yakin, menempatkan AirPods di dalam casing selama 15 menit sudah cukup.    Ingat, bahkan satu AirPods yang mati dapat mengganggu keseluruhan pengalaman penggunaan. Atau bahkan, salah satunya mati bisa membuat koneksi berantakan.   Lakukan Restart   Terkadang, memulai ulang dengan cara lama bisa memberikan hasil yang luar biasa. Matikan iPhone dan AirPods Anda, lalu hidupkan kembali. Ini seperti memberi teknologi Anda awal yang baru, menghilangkan gangguan sementara yang mungkin menyebabkan gangguan koneksi.  

  Setel Ulang AirPods Anda   Jika perbaikan dasar tidak berhasil, saatnya mengatur ulang AirPods Anda. Prosesnya sedikit berbeda tergantung pada model Anda. Namun biasanya hal ini melibatkan memasukkannya ke dalam casing, menahan tombol pengaturan, dan melihat lampu berkedip putih.   Ini akan menghapus semuanya dan memaksa AirPods untuk memasangkan kembali dengan iPhone Anda. Sekadar peringatan, ini juga menghapus koneksi mereka ke perangkat Apple lainnya. Jadi, Anda juga harus memasangkannya kembali di sana.   Perbarui Perangkat Lunak AirPods   Perangkat lunak yang ketinggalan jaman terkadang dapat menyebabkan masalah kompatibilitas. Pastikan iPhone dan AirPods Anda menjalankan pembaruan terkini. Jika Anda menghadapi masalah saat mengupgrade perangkat lunak, Anda bisa mengecek berbagai video tutorial yang ada di YouTube.   

  Periksa Kerusakan   Perhatikan baik-baik AirPods dan casing pengisi daya Anda untuk mengetahui adanya kerusakan yang terlihat, seperti retak, sobek, atau serpihan pada kontak pengisi daya. Kerusakan kecil sekalipun dapat mengganggu koneksi.    Bersihkan AirPods   Terkadang, kotoran dan debu dapat menumpuk pada kontak pengisi daya sehingga menghalangi sambungan yang benar. Gunakan kain lembut dan kering untuk membersihkan AirPods dan wadah pengisi daya dengan lembut, dengan mengikuti metode pembersihan yang direkomendasikan Apple. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #tips #mengatasi #airpods #yang #tidak #bisa #terhubung #iphone #gampang #banget

KOMENTAR