Apple Rilis iOS 17.4 dan iPadOS 17.4, Apa Saja Fitur Baru yang Hadir?
Ilustrasi: Update iOS 17.4. (MacRumors)
11:16
7 Maret 2024

Apple Rilis iOS 17.4 dan iPadOS 17.4, Apa Saja Fitur Baru yang Hadir?

- Apple kembali merilis pembaruan atau update iOS 17.4 dan iPadOS 17.4, pembaruan besar keempat untuk sistem operasi iOS 17 yang dirilis pada September 2023. Pembaruan perangkat lunak ini dilakukan sebulan setelah Apple merilis iOS 17.3 dan iPadOS 17.3.

IOS 17.4 dan iPadOS 17.4 dapat diunduh di iPhone dan iPad yang memenuhi syarat melalui udara dengan membuka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Dengan iOS 17.4, Apple memperkenalkan perubahan besar pada cara App Store dan aplikasi berfungsi di Uni Eropa, membuka jalan bagi pasar aplikasi alternatif di iPhone, sistem pembayaran alternatif di iOS dan iPadOS, dukungan mesin browser pihak ketiga, dan akses NFC untuk bank dan penyedia pembayaran pihak ketiga.

Fitur-fitur ini terbatas di Uni Eropa (UE) dan perubahannya tidak berlaku di negara lain. Namun, Apple melakukan perubahan di seluruh dunia pada aplikasi game. Apple sekarang mengizinkan aplikasi cloud gaming seperti Xbox Cloud Gaming dan Nvidia GeForce SEKARANG.

Mini games, chatbots, dan plug-in kini juga dapat menggunakan sistem pembelian dalam aplikasi. Selain pembaruan terkait App Store ini, iOS 17.4 menambahkan karakter emoji baru, transkrip podcast di aplikasi Podcasts, Stopwatch Live Activity, peningkatan pelaporan kesehatan baterai pada model iPhone 15, dan banyak lagi.

Untuk emoji, hadir emoji baru jamur, burung phoenix, jeruk nipis, rantai putus, dan kepala gemetar baru kini tersedia di papan ketik emoji. 18 orang dan emoji tubuh juga ditambahkan opsi untuk menghadap mereka ke arah mana pun.

Kemudian, Apple Podcasts juga hadir di pembaruan ini. Sekarang, transkrip memungkinkan Anda mengikuti episode dengan teks yang disorot secara sinkron dengan audio dalam bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, dan Jerman.

Teks episode juga dapat dibaca secara lengkap, mencari kata atau frasa, mengetuk untuk memutar dari titik tertentu dan digunakan dengan fitur aksesibilitas seperti Ukuran Teks, Tingkatkan Kontras, dan VoiceOver.

Pembaruan tersebut juga mencakup penyempurnaan dan perbaikan bug. Kemudian pengenalan musik memungkinkan Anda menambahkan lagu yang telah Anda identifikasi ke Daftar Putar dan Perpustakaan Apple Music, serta Apple Musik Klasik.

Siri juga memiliki opsi baru untuk mengumumkan pesan yang Anda terima dalam bahasa apa pun yang didukung. Kemudian, fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri mendukung opsi untuk meningkatkan keamanan di semua lokasi serta penunjuk Kesehatan Baterai di Pengaturan menunjukkan jumlah siklus baterai, tanggal pembuatan, dan penggunaan pertama pada model iPhone 15 dan iPhone 15 Pro.

Tak hanya itu, identifikasi Panggilan menampilkan nama bisnis, logo, dan departemen yang diverifikasi Apple nama bila tersedia, pembaruan bisnis di Pesan untuk Bisnis memberikan informasi tepercaya untuk status pesanan, pemberitahuan penerbangan, peringatan penipuan, atau transaksi lain yang Anda pilih juga hadir.

Update juga memperbaiki masalah ketika gambar kontak kosong di Cari Milik Saya dan memperbaiki masalah bagi pengguna Dual SIM di mana nomor telepon berubah dari primer ke sekunder dan terlihat oleh grup yang mereka kirimi pesan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #apple #rilis #ipados #saja #fitur #baru #yang #hadir

KOMENTAR