5 Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Beli Keyboard Komputer
Ilustrasi keyboard (Pexels/Karol D)
06:08
7 Maret 2024

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan saat Beli Keyboard Komputer

Jika pengguna tengah mencari keyboard komputer dan berencana untuk membelinya, pertimbangkan beberapa fitur penting seperti kenyamanan dan ukuran sebelum memilihnya.

Ada ratusan keyboard komputer yang beredar di pasaran. Namun sebelum membeli salah satunya, pengguna harus mempertimbangkan berbagai hal. Berikut ini hal terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli keyboard komputer:

1. Harga

Jika pengguna memerlukan keyboard untuk pengetikan dasar, pengguna mungkin dapat mengeluarkan uang hanya dengan ratusan ribu rupiah.

Namun jika pengguna menginginkan keyboard yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan kegunaan, kemungkinan harganya akan jauh lebih mahal. Oleh karena itu, sesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan cocokkan dengan budget yang ada.

2. Ergonomi

Jika pengguna menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetik, sebaiknya gunakan keyboard yang setidaknya memiliki fitur ergonomis dasar.

Pengguna harus mencari keyboard yang memiliki tombol lengkap, memiliki lengkungan, dan mengantisipasi kenyamanan ketika mengetik. Menggunakan keyboard sembarangan juga dapat membuat tangan lelah.

Keyboard ergonomis mungkin juga dilengkapi sandaran tangan dan kemampuan untuk menaikkan atau menurunkan perangkat.

3. Konektivitas

Sama seperti halnya mouse, pengguna harus memutuskan ingin menggunakan keyboard berkabel atau nirkabel karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Keyboard berkabel membatasi jangkauan jarak, namun pengguna tidak memerlukan baterai atau khawatir tentang kesalahan koneksi.

Sementara itu, keyboard nirkabel memungkinkan pengguna mengetik sambil bersantai dan tidak akan pernah terbelit kabel yang mengganggu.

Sebagian besar keyboard saat ini menggunakan teknologi USB atau Bluetooth untuk konektivitas nirkabel. Jika pengguna memilih jalur Bluetooth, pastikan perangkat memiliki kompatibilitas Bluetooth bawaan. 

Ilustrasi Keyboard Gaming Mechanical. [Fantech]Ilustrasi Keyboard. [Fantech]

4. Tombol pintas

Sebagian besar keyboard dilengkapi dengan berbagai tombol pintas dan tombol media. Mirip dengan pintasan keyboard, tombol ini memungkinkan pengguna melakukan tugas dengan cepat.

Tombol media, yang mencakup tugas-tugas seperti kontrol volume dan video, sangat bermanfaat jika pengguna menggunakan keyboard di ruang tamu untuk mengontrol sistem media.

Sedangkan tombol pintas memungkinkan pengguna menyelesaikan tugas tertentu dengan menekan kombinasi tombol. Cara ini akan menghemat waktu pengguna.

5. Ukuran

Keyboard yang lebih kecil biasanya menghilangkan papan angka dan bahkan mungkin memiliki tombol yang lebih pendek atau tanpa spasi di antara tombol.

Ini berguna jika keyboard ditujukan untuk tablet atau pengguna terus-menerus memindahkannya dari satu tempat ke tempat lain.

Sedangkan keyboard yang lebih besar dapat dipadukan dengan papan ketik yang memiliki lebih banyak tombol pintas dan tombol media. Jika pengguna menginginkan keyboard gaming dengan banyak tombol media, port USB, dan lainnya, pengguna sebaiknya memilih ukuran yang lebih besar.

Itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli keyboard komputer. Semoga membantu!

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #yang #harus #dipertimbangkan #saat #beli #keyboard #komputer

KOMENTAR