Versi Ookla, Internet Telkomsel Masih Paling Ngebut di Indonesia, Segini Speednya
Ilustrasi kecepatan menjadi faktor penting konsumen memilih jaringan internet. (Tachus Fiber Internet)
23:08
2 Maret 2024

Versi Ookla, Internet Telkomsel Masih Paling Ngebut di Indonesia, Segini Speednya

 

–Sejauh bicara kecepatan internet, saat ini operator seluler atau opsel di Tanah Air bisa dibilang kompetitif. Selain harga yang ditawarkan, kecepatan juga mulai bisa dirasakan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penting bagi konsumen saat menentukan pilihan. 

Untuk kecepatan internet oleh opsel di Indonesia, Telkomsel masih jadi yang paling ngebut. Hal itu dibuktikan dengan Telkomsel yang kembali mendapatkan pengakuan tingkat global dengan meraih gelar Best Mobile Coverage dan Fastest Mobile Network. Juga gelar Best Mobile Network selama 5 kali berturut dari Ookla Speedtest Awards.

Capaian yang terwujud dari hasil pengukuran dan analisis Ookla selama periode Juli - Desember 2023 tersebut, merupakan buah dari komitmen Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas, solusi, dan layanan terdepan, untuk berupaya meningkatkan pengalaman digital seluruh pelanggan secara merata dan setara di Indonesia.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengapresiasi laporan dan penghargaan dari Ookla Speedtest Awards. Itu semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

”Capaian ini menjadi penambah semangat Telkomsel dalam komitmen mengimplementasikan teknologi terkini dan memperkuat kapabilitas jaringan broadband berkecepatan tinggi untuk peningkatan kualitas pengalaman gaya hidup digital para pelanggan secara merata dan setara,” terang Derrick Heng.

Dengan jaringan broadband yang menjangkau hingga lebih dari 97 persen wilayah populasi Indonesia, Telkomsel meraih award Best Mobile Coverage dengan nilai 889 untuk coverage score yang mencakup pengukuran dan analisis terhadap ketersediaan dan kualitas layanan seluler di dalam negeri oleh Ookla. 

Telkomsel juga meraih Fastest Mobile Network dengan nilai 40,89 untuk speed score yang diukur dan dianalisis Ookla berdasar pengalaman kecepatan unduh dan unggah pelanggan seluler yang diperkuat melalui Ookla Market Analysis Report periode Q4 2023. Telkomsel konsisten membuktikan capaian kecepatan download di median 31,14 Mbps dan multi-server latency terendah mencapai angka median 45 ms.

”Seluruh pencapaian Telkomsel di Ookla Speedtest Awards menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan jaringan berteknologi terdepan secara merata dan setara di seluruh Indonesia untuk peningkatan pengalaman gaya hidup digital pelanggan,” ujar Derrick Heng.

Hal tersebut sejalan dengan upaya peningkatan seluruh teknologi layanan dan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten wilayah Indonesia yang telah dirampungkan pada pertengahan 2023. Selain itu, Telkomsel terus memperkuat kapabilitas dan kualitas jaringan broadband secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah Indonesia dengan menggelar lebih dari 233 ribu BTS.

”Termasuk dengan lebih dari 470 BTS berteknologi terkini 5G, di seluruh wilayah Indonesia,” terang Derrick Heng. 

Dia menambahkan, Telkomsel telah bertransformasi menjadi penyedia layanan konvergensi terbesar yang pertama mengimplementasikan standar arsitektur jaringan open digital architecture (ODA) dengan autonomous network di Indonesia, untuk menghadirkan kecepatan dan stabilitas layanan jaringan terdepan melalui skema zero touch self-assurance berbasis AI.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #versi #ookla #internet #telkomsel #masih #paling #ngebut #indonesia #segini #speednya

KOMENTAR