Viral Mahfud MD Bahas Baterai HP 16 Persen, Begini Cara Hemat Daya Ponsel Android
ilustrasi baterai HP. (Pexels.com/Tyler Lastovich)
16:16
1 Maret 2024

Viral Mahfud MD Bahas Baterai HP 16 Persen, Begini Cara Hemat Daya Ponsel Android

Tangkapan layar mengenai komentar kocak "baterai HP 16 persen" dari Mahfud MD viral di media sosial. Berikut terdapat penjelasan terkait cara hemat daya ponsel Android.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia ini mengunggah salah satu video menyesatkan hasil editan tangan jahil. Mahfud MD menjelaskan bahwa video hoaks itu adalah postingan lama yang diedit kembali.

"Anda lihat video ini. Tangan jahil mengedit dan memviralkan statement saya yang membela KPU sudah bekerja dengan benar. Padahal ini video lama, pernyataan saya pada Pemilu 2019 yang digabungkan dengan gambar-gambar baru," tulis Mahfud MD pada Senin (26/04/2023).

Meski postingan cukup serius, namun tanggapan Mahfud MD sangat santai di kolom komentar. Hasil hitung suara (data masuk 77.92 persen) dari KPU hingga awal Maret menampilkan perolehan Ganjar-Mahfud sebesar 16,68 persen.

Perolehan itu tak jauh berbeda dari data Quick Count yang berkisar 16-17 persen. Netizen lantas menyindir bahwa perolehan suara capres-cawapres nomor urut tiga seperti kapasitas baterai saat perlu diisi daya. Sebagian netizen menyeletuk bahwa 16 persen adalah suara untuk Mahfud MD sementara sisanya untuk Ganjar.

Respons Mahfud MD (TikTok)Respons Mahfud MD (TikTok)

"Yang 16 persen itu suaranya Pak Mahfud nggak sih?" tanya netizen. Tak disangka, Mahfud MD justru memberikan respons kocak. "(Itu 16 persen) Baterai di HP saya," tulis akun TikTok resmi milik Mahfud MD (@mohmahfudmdofficial).

Tangkapan layar mengenai komentar kocak Mahfud MD lantas viral di X dan Instagram. Selain itu, Mahfud MD juga memberikan komentar bertuliskan "Menyala abangkuh" sehingga membuat netizen terhibur.

Bicara soal kapasitas baterai tinggal 16 persen, ada baiknya pengguna Android mengetahui terkait cara menghemat daya pada ponsel. Berikut cara menghemat daya ponsel Android:

1. Hidupkan Power Saving Mode

Apabila baterai tinggal belasan persen, kalian perlu menghidupkan Power Saving Mode atau Battery Saver.

Pergi ke menu Settings > Battery > Power Saving Mode atau Mode Hemat Daya. Dengan mode ini, smartphone akan memprioritaskan aplikasi penting serta menghiraukan yang lainnya. Perangkat juga akan mengurangi fungsi, aktivitas, dan efek visual tertentu sehingga baterai lebih awet.

2. Kurangi kecerahan layar

Layar yang terlalu cerah juga membuat baterai HP menjadi boros. Kalian bisa pergi ke menu Settings > Display untuk mengatur kecerahan pada layar.

Brightness atau kecerahan juga bisa diatur melalui fitur akses cepat di atas layar HP Android.

3. Kurangi Refresh Rate

Layar dengan refresh rate atau kecepatan penyegaran tingkat tinggi dapat menguras baterai. Ini bisa terjadi pada ponsel dengan dukungan fitur refresh rate 90 Hz dan 120 Hz.

Perangkat tak terlalu menyedot baterai apabila terdapat fitur adaptive refresh rate. Kalian bisa pergi ke menu Pengaturan > Layar & kecerahan > Tingkat penyegaran layar untuk mengeceknya.

Atur pada tingkat penyegaran normal atau 60 Hz saja agar baterai tidak boros.

4. Atur Layar Mati Otomatis

Mengaktifkan Always On Display atau membiarkan layar hidup terlalu lama membuat HP Android semakin boros. Kalian bisa mengatur layar mati otomatis pada 15 atau 30 detik saja. Pengaturan layar mati pada 3 menit dan 5 menit bisa menguras baterai secara drastis.

5. Hilangkan Aplikasi yang Boros Daya

Baterai smartphone boros kemungkinan berasal dari aplikasi yang menyedot banyak daya di latar belakang. Kalian bisa mengeceknya menggunakan melalui menu Settings > Battery > Battery Usage.

Pada menu Penggunaan Baterai Menurut Aplikasi, cari aplikasi yang tidak perlu namun menyedot banyak daya. Aplikasi tersebut sebaiknya di-uninstall dari smartphone.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #viral #mahfud #bahas #baterai #persen #begini #cara #hemat #daya #ponsel #android

KOMENTAR