Apple Batalkan Proyek Mobil Listrik Setelah Berlangsung Satu Dekade, Ada Apa? 
Apple membatalkan proyek mobil listriknya dan mengalihkan fokus ke kecerdasan buatan. (Business Today)
07:32
29 Februari 2024

Apple Batalkan Proyek Mobil Listrik Setelah Berlangsung Satu Dekade, Ada Apa? 

 

 

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Apple.

Mengutip informasi dari Reuters, Kamis (29/2)Apple telah membatalkan pengerjaan mobil listriknya usai satu dekade memulai proyek tersebut.

Usut punya usut, pembatalan proyek ini dilakukan Apple karena mereka tidak berhasil memberikan kemajuan signifikan.

Ditambah lagi, permintaan terhadap mobil listrik dikabarkan alami penurunan signifikan.

Hal inilah yang memicu para investor untuk mengurangi investasi pada produsen mobil, termasuk Apple.

Menurut Bloomberg News, beberapa karyawan yang mengerjakan proyek ini dipindahkan ke divisi di proyek kecerdasan buatan (AI) perusahaan.

Meskipun sudah dikonfirmasi oleh salah satu karyawannya, Apple menolak berkomentar lebih lanjut mengenai pembatalan proyeknya.

Menanggapi isu ini, Ben Bajarin, CEO perusahaan Creative Strategis menuturkan bahwa keputusan Apple ini bisa membuat mereka lebih fokus pada proyek artificial intelligence (AI).

“Apabila benar (proyek mobil listrik dibatalkan), Apple akan lebih fokus pada GenAI dan hal ini akan memberikan lebih banyak optimisme kepada investor mengenai upaya dan kemampuan perusahaan untuk bersaing di tingkat platform AI,” kata Ben.

Apple sejauh ini menahan diri dari segala langkah besar dalam hal AI, sangat kontradiktif apabila melihat kompetitor seperti Alphabet, dan Microsoft yang unggul dalam menggabungkan teknologi terobosan ini.

Dengan pasifnya Apple di dunia AI, muncul kekhawatiran bahwa perusahaan ini akan tertinggal dalam mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam produknya.

Kecemasan ini tercermin dari perolehan sama Apple tahun lalu, dimana hampir 50% sahamnya merupakan yang terkecil di antara saham kompetitor lain yang disebut Magnificent Seven.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apple #batalkan #proyek #mobil #listrik #setelah #berlangsung #satu #dekade

KOMENTAR