iPhone Jadi Perangkat Smartphone Paling Laris di Dunia Mengalahkan Samsung, Ini Daftar Seri yang Paling Banyak Dibeli
Tampak Belakang Perangkat Smartphone iPhone 13. Pada 2023 lalu Apple Diketahui Berhasil Ungguli Samsung di Penjualan Perangkat iPhone Mereka. Sumber: Apple
17:00
22 Pebruari 2024

iPhone Jadi Perangkat Smartphone Paling Laris di Dunia Mengalahkan Samsung, Ini Daftar Seri yang Paling Banyak Dibeli

Perangkat smartphone andalan yang dikembangkan oleh Apple yakni iPhone berhasil raih pencapaian terbaiknya.

iPhone berhasil mengalahkan Samsung sebagai perangkat smartphone dengan jumlah pengiriman terbanyak di 2023 lalu.

Dilansir dari Business Wire, berdasarkan data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC) Tracker, secara keseluruhan Apple berhasil mengirimkan 234,6 juta perangkat iPhone.

Sementara itu kompetitor terdekatnya yakni Samsung hanya mampu mengirimkan perangkat smartphone mereka sebanyak 226,6 juta unit.

Berdasarkan laporan yang dikirimkan oleh Canalyst, perangkat yang dibuat oleh perusahaan asal California itu berhasil menguasai 24 persen pengiriman perangkat smartphone di 2023.

Namun data-data tersebut tidak menunjukkan tipe perangkat iPhone mana yang menjadi favorit para konsumen di tahun tersebut.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh Counterpoint Research pada Rabu (21/2) diketahui bahwa 7 seri iPhone berhasil menempati urutan teratas dari dalam daftar smartphone yang paling banyak terjual di 2023.

Mereka menyebut bahwa Apple berhasil mencapai prestasi ini untuk pertama kali. Sementara kompetitornya yakni Samsung menempati tiga posisi dibawahnya.

Data tersebut menjelaskan bahwa varian iPhone 14 menjadi tipe perangkat yang paling banyak dibeli oleh konsumen.

Perangkat tersebut telah terjual sebanyak 3,9 persen dari jumlah 20 persen keseluruhan perangkat yang berada dalam 10 besar.

Sementara itu, iPhone 14 Pro Max yang merupakan jenis tertinggi dari lini produk iPhone 14 series berhasil menduduki posisi kedua dengan catatan penjualan sebanyak 2,8 persen.

Pada peringkat ketiga, seri ‘menengah’ dari keluarga iPhone 14 yakni iPhone 14 Pro berhasil meraih penjualan sebanyak 2,4 persen.

Menariknya, iPhone 13 yang telah dirilis sejak November 2021 lalu masih menjadi perangkat yang paling dicari oleh para konsumen.

Produk tersebut berhasil meraih angka penjualan sebanyak 2,2 persen dan mengungguli total penjualan seluruh seri terbaru iPhone 15.

Ketiga seri terbaru perangkat smartphone milik Apple itu hanya menempati urutan kelima hingga ketujuh dimulai dengan iPhone 15 Pro Max sebesar 1,7 persen.

Sementara itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 berhasil meraih total penjualan masing-masing sebesar 1,4 persen.

Lembaga tersebut mengatakan bahwa penjualan perangkat iPhone pada 2023 cenderung stabil apabila dibandingkan dengan kompetitornya yang mengalami penurunan.

Penjualan seri iPhone 14 mencapai 19 persen dari keseluruhan penjualan produk smartphone dari Apple itu di 2023.

Amerika Serikat dan Tiongkok menjadi negara dengan konsumen yang paling banyak membeli produk tersebut dengan total mencapai setengah dari angka tersebut.

Samsung berhasil menduduki peringkat kedelapan hingga kesepuluh dari data yang dilaporkan oleh Counterpoint Research itu.

Secara mengejutkan, tidak ada nama-nama perangkat flagship dari perusahaan yang berbasis di Korea Selatan tersebut.

Seri smartphone murah Samsung seperti Galaxy A14 5G, Galaxy A04e dan Galaxy A14 4G menjadi tiga perangkat yang memiliki penjualan tertinggi.

Varian Galaxy A14 5G berhasil meraih penjualan sebesar 1,4 persen disusul oleh Galaxy A04e dan Galaxy A14 4G yang masing-masing berada di angka 1,3 persen.

Keberadaan tiga perangkat kelas terjangkau milik Samsung itu dipengaruhi oleh penjualan di beberapa negara.

India, Meksiko, Brazil dan Indonesia menjadi negara yang memiliki pembeli produk Galaxy A14 4G dan Galaxy A04e karena harga yang lebih terjangkau serta strategi pemasaran yang tepat.

Sementara itu Galaxy A14 5G menjadi pilihan perangkat yang menggunakan koneksi 5G terjangkau untuk pasar India dan Amerika Serikat.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #iphone #jadi #perangkat #smartphone #paling #laris #dunia #mengalahkan #samsung #daftar #seri #yang #paling #banyak #dibeli

KOMENTAR