OpenAI Rilis Sora, Bikin Video Cukup dari Teks
Logo OpenAI. (OpenAI)
12:40
18 Februari 2024

OpenAI Rilis Sora, Bikin Video Cukup dari Teks

Perusahaan pemilik ChatGPT, OpenAI resmi memperkenalkan produk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) baru yang disebut Sora.

Sora yang dimiliki OpenAI ini mampu membuat video hanya dari teks. Durasi video yang dihasilkan Sora ini maksimal satu menit.

"Sora dapat menciptakan adegan yang realistis dan imajinatif dari instruksi teks," kata OpenAI, dikutip dari The Verge, Minggu (18/2/2024).

Perusahaan menerangkan, Sora mampu menciptakan adegan kompleks dengan banyak karakter, gerakan tertentu, dan detail subjek hingga latar belakang yang akurat.

Bahkan, Sora mampu memahami bagaimana objek yang ada di dunia fisik dan menafsirkan properti secara detail. Ia juga bisa membuat karakter menarik yang mampu mengekspresikan emosional secara nyata.

Sora pun mampu menghasilkan video berdasarkan foto diam, serta menggabungkannya dalam frame pada video ataupun memperluasnya.

Contoh video yang dipamerkan dari hasil Sora adalah konten berisi pemandangan di kota California, video yang diambil dari dalam kereta Tokyo, dan lain-lain.

Hasil video Sora juga masih bisa menunjukkan kalau itu karya AI, seperti lantai yang bergerak dalam museum.

OpenAI berkilah kalau Sora mungkin masih kesulitan dalam mensimulasikan fisika pemandangan kompleks secara akurat. Meski begitu, hasilnya secara keseluruhan cukup mengesankan.

Saat ini Sora masih hanya tersedia untuk kalangan tertentu karena potensinya yang dianggap berbahaya. Namun OpenAI sudah menawarkan akses Sora ke beberapa seniman visual, desainer, hingga pembuat film untuk memberikan saran dan masukan.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #openai #rilis #sora #bikin #video #cukup #dari #teks

KOMENTAR