Harga Rp 45 Juta, Sony Rilis Robot Anjing Peliharaan dengan Fitur AI
Sony meluncurkan robot anjing peliharaan dengan fitur kecerdasan buatan. (Sony)
08:24
18 Februari 2024

Harga Rp 45 Juta, Sony Rilis Robot Anjing Peliharaan dengan Fitur AI

Menjelang MWC 2024, Sony meluncurkan robot anjing peliharaan yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Mereka menamainya sebagai aibo Espresso Edition (ERS-1000B).

Sebagai informasi, Sony melalui aibo series merilis robot anjing pertama di Jepang. Produk serupa kini hadir di Amerika Serikat dengan harga 2.899 dolar AS atau Rp 45 juta. ERS1000B adalah robot anjing buatan Sony generasi ketiga.

Perusahaan mengklaim bahwa robot anjing mereka mampu berkembang mempelajari interaksi dengan pemilik seiring berjalannya waktu.

"ERS1000B memadukan robotika mutakhir dengan teknologi kecerdasan buatan. Melalui pembelajaran mendalam, aibo mampu berkembang seiring berjalannya waktu dan membentuk kepribadian unik melalui interaksi sehari-hari. Dengan ekspresi yang hidup dan rangkaian gerakan yang dinamis, aibo pasti akan menjadi anggota keluarga tercinta Anda," tulis Sony melalui laman resminya.

Sony turut memamerkan fitur robot anjing melalui video khusus. Video promosi memperlihatkan bahwa robot anjing mempunyai tingkah mirip hewan peliharaan. Ia akan memejamkan mata dan menampilkan ekspresi bahagia ketika dielus.

Sony meluncurkan robot anjing peliharaan dengan fitur kecerdasan buatan. (Sony)Sony meluncurkan robot anjing peliharaan dengan fitur kecerdasan buatan. (Sony)

Mereka bahkan bisa diprogram untuk mengeluarkan suara kucing, tikus, hingga menemani pemilik untuk "bernyanyi". Mata pada ERS-1000B juga berfungsi sebagai kamera. Robot anjing bisa mengabadikan momen menarik yang dilakukannya saat berinteraksi dengan pemilik.

Nantinya, pemilik bisa memberi makan robot anjing secara virtual melalui aplikasi aibo. Robot anjing juga bisa "berpura-pura" kenyang setelah diberi makan. Itu hanya "pura-pura" mengingat mereka sebenarnya ditenagai oleh baterai.

Dikutip dari Notebookcheck, Aibo Sony generasi terbaru (atau ERS-1000) hadir dalam beberapa warna 'mantel' yang berbeda seperti White, Black Sesame, Strawberry Milk, dan Espresso, yang telah dirilis dalam jumlah terbatas ke pasar AS.

Setiap robot anak anjing mendapat manfaat dari AI Cloud Plan 3 tahun. Fitur AI Cloud Plan memastikan robot anjing mengembangkan "kepribadian unik" seiring berjalannya waktu.

Mereka mampu mempelajari trik dan perilaku baru selama bisa dijangkau oleh update software. Robot anjing Sony memiliki mata menyala LED dengan kemampuan untuk merekam gambar dalam gelap.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #harga #juta #sony #rilis #robot #anjing #peliharaan #dengan #fitur

KOMENTAR