Mendingan Di-skip karena Ngerawatnya Susah, Ini Kekurangan Mobil dengan Cat Warna Doff
Ilustrasi: Mobil dengan cat warna doff. (Appearance Pro Detailing)
12:12
18 Oktober 2024

Mendingan Di-skip karena Ngerawatnya Susah, Ini Kekurangan Mobil dengan Cat Warna Doff

Banyak mobil keluaran terbaru saat ini hadir dengan cat body berwarna doff atau matte. Seperti halnya pilihan cat warna glossy atau mengkilap, banyak orang kini menyukai pilihan warna doff.   Karena berbagai alasan, misalnya ingin tampil beda, atau mungkin tipikal yang malas mencuci, warna doff memang punya beberapa keunggulan. Namun jangan salah juga, warna body mobil doff juga punya banyak kekurangan.   Berikut adalah sisi kekurangan cat mobil warna doff yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil berwarna doff atau ingin mengubah warna jadi doff.  

  Mudah Terkikis dan Pudar   Pertama, warna doff sangat mudah terkikis dan memudar. Karena itu, mobil dengan cat warna doff memerlukan pengecatan ulang lebih sering dari pada mobil dengan warna lain.    Selain itu, cat warna doff juga rentan terhadap goresan dan kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus bersiap untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh goresan atau karat.  

  Sulit Dicat Ulang   Kedua, warna doff lebih sulit dicat ulang. Mencat ulang mobil dengan warna doff memerlukan teknik yang lebih tepat dan lebih mahal dari pada mencat ulang mobil dengan warna lain.    Jika Anda tidak membayar lebih banyak untuk pengecatan ulang yang tepat, maka hasilnya akan berbeda dengan aslinya, yang dapat mengurangi nilai mobil Anda. Apalagi kebanyakan tukang cat atau bengkel cat di sini memang tipikalnya yang asal kerja saja, tidak seperti kualitas pabrikan, ya walaupun ada yang bagus juga.  

  Mudah Terkena Kabut Asap   Ketiga, dilansir dari Rustpro, kekurangan warna doff lebih mudah terkena kabut asap. Asap dari kendaraan lain atau asap industri dapat meninggalkan noda hitam di permukaan mobil yang menggunakan cat warna doff. Hal ini tidak hanya dapat mengurangi nilai estetika mobil Anda, tetapi juga dapat mengurangi kulaitas cat seiring waktu.  

  Nggak Kuat Panas    Keempat, warna doff juga rentan terhadap paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan warna doff memudar dan meninggalkan bekas hitam pada permukaan mobil. Akibatnya, Anda harus lebih sering melakukan perawatan untuk menjaga kualitas warna doff Anda.  

  Rentan Rusak Karena Perubahan Cuaca    Kelima dan terakhir, warna doff juga rentan terhadap kondisi cuaca yang buruk. Hujan hingga debu dapat memudarkan warna doff Anda dan menyebabkan kerusakan pada cat. Akibatnya, Anda harus lebih sering melakukan perawatan untuk memastikan warna doff tetap terlihat bagus.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mendingan #skip #karena #ngerawatnya #susah #kekurangan #mobil #dengan #warna #doff

KOMENTAR