Bukan Shadow Banned, Ini Penjelasan YouTube Indonesia soal Film Dirty Vote Susah Dicari
Film dokumenter Dirty Vote: Sebuah Desain Kecurangan Pemilu 2024. (Instagram/ dirtyvote)
20:24
13 Februari 2024

Bukan Shadow Banned, Ini Penjelasan YouTube Indonesia soal Film Dirty Vote Susah Dicari

Perwakilan YouTube Indonesia akhirnya memberikan penjelasan soal film Dirty Vote yang tidak bisa dicari di platformnya. Platform milik Google ini memastikan kalau sistem YouTube berfungsi sebagaimana biasa.

“Kami telah menelusuri masalah ini dan dapat mengonfirmasi bahwa sistem kami berfungsi seperti biasa," kata perwakilan YouTube Indonesia kepada Suara.com, Selasa (13/2/2024).

Perusahaan menambahkan, selama beberapa tahun terakhir YouTube telah berinvestasi pada sistemnya. Mereka memastikan kalau sistem tersebut menampilkan berita dan informasi dari sumber resmi, termasuk Pemilihan Umum 2024 atau Pemilu 2024.

"Selama beberapa tahun terakhir kami telah berinvestasi secara signifikan pada sistem yang mempertimbangkan otoritas saat menentukan peringkat, dan sistem rekomendasi YouTube dengan jelas menampilkan berita dan informasi dari sumber resmi di seluruh platform kami, khususnya terkait pemilu," tegasnya.

Warganet sulit cari Dirty Vote di YouTube

Sejumlah warganet ramai mengeluhkan film Dirty Vote yang tidak bisa dicari di YouTube. Keluhan ini disampaikan di media sosial X alias Twitter.

Berdasarkan pantauan Suara.com di timeline Twitter Indonesia, ada beberapa warganet yang menduga kalau film Dirty Vote tidak bisa dicari karena shadow banned.

Shadow Banned adalah sebuah upaya dari platform media sosial untuk membatasi konten ditampilkan. Istilah ini juga dikenal sebagai shadow banning atau shadow ban.

"Ini saya aja atau temen-temen juga mengalami: kalau kita coba search "dirty vote full movie", malah ga keluar video Dirty Vote nya di search result. Padahal jumlah views-nya jelas jauh di atas search results berikut. Ada penjelasannya kenapa ga," kata @iqbal_farabi.

"Tampaknya film Dirty Vote saat ini terkena shadow ban oleh YouTube. Tetap bantu sebarkan linknya ya teman-teman!" kata akun @satyabumi.

"Film dirty vote terpantau mengalami shadow ban dari akun asli yang upload. Untung udah banyak yang lain yang upload. Orang yang meragukan mas uceng itu yang perlu diragukan," tulis akun @valiantas.

Berdasarkan pantauan Suara.com saat mencari film Dirty Vote di YouTube, video ini memang tidak ditampilkan langsung di beranda platform. Saat dijelajahi hingga ke bawah, YouTube hanya menampilkan berbagai video dari media soal tanggapan para tokoh untuk film Dirty Vote.

Sebenarnya kalian bisa melihat video tersebut dari akun Refly Harun. Durasi filmnya pun sama-sama 1 jam 57 menit 21 detik. Tapi perlu dicatat kalau itu tidak diunggah dari akun resmi Dirty Vote.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #bukan #shadow #banned #penjelasan #youtube #indonesia #soal #film #dirty #vote #susah #dicari

KOMENTAR