Hyundai Siapkan EV Baru Berjenis Pikap, Kemungkinan Namanya Ioniq T10 dan Ioniq T7
Render konsep pikap Listrik Hyundai yang tengah disiapkan. (Carscoops).
19:28
13 Pebruari 2024

Hyundai Siapkan EV Baru Berjenis Pikap, Kemungkinan Namanya Ioniq T10 dan Ioniq T7

Render konsep pikap Listrik Hyundai yang tengah disiapkan. (Carscoops).   Hyundai dikabarkan tengah mempersiapkan kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) barunya. Bukan mobil penumpang alias passenger car biasa, melainkan sebuah truk pikap listrik yang tengah dirancang oleh pabrikan Korea Selatan (Korsel) itu.   Melansir Carscoops, pikap baterai-listrik Hyundai yang akan datang dapat disebut Ioniq T10. Kemungkinan penamaan tersebut disarankan oleh permohonan merek dagang baru-baru ini yang diajukan di Australia.   Merek dagang tersebut, yang diajukan pada tanggal 27 Desember 2023, mencakup berbagai aplikasi otomotif, termasuk “mobil”, “mobil listrik”, dan “suku cadang dan aksesori untuk mobil”. Khususnya, penyertaan nama 'Ioniq' menunjukkan bahwa kendaraan tersebut akan mengikuti branding kendaraan listrik Hyundai, serupa dengan model Ioniq yang sudah ada.  

  Ada spekulasi bahwa angka '10' berarti akan diposisikan, setidaknya dalam hal ukuran, di puncak jajaran kendaraan listrik merek tersebut, berada di atas Ioniq 7 yang akan datang, SUV Kia EV9 versi Hyundai.   Awalnya diketahui oleh laman Drive Australia, laporan tersebut juga menyebutkan bahwa meskipun permohonan merek dagang diajukan di Australia, pasar ini tidak akan menjadi pasar utama untuk kendaraan tersebut.    Diperkirakan bahwa pikap ini juga akan tersedia di Amerika Utara, meskipun tidak jelas apakah akan cocok dengan model ukuran penuh seperti Ford F-150 dan GMC Sierra atau truk ukuran menengah yang lebih kecil seperti Chevy Colorado.  

  Kendati soal desain masih meraba dan belum jelas, banyak yang berasumsi bahwa desainnya akan sama mencoloknya dengan Ioniq 5 dan Ioniq 6. Ia juga mungkin akan berbagi komponen mekanisnya dengan Hyundai EV lainnya, termasuk motor listrik dan baterai.   Dari segi penggerak, kemungkinan besar mobil ini akan hadir dengan motor ganda yang memungkinkan penggerak semua roda, namun versi penggerak roda belakang dengan motor tunggal juga dimungkinkan.   Hyundai juga tampaknya sedang mengerjakan pikap listrik kedua, mengajukan permohonan merek dagang terpisah untuk nama Ioniq T7. Model ini mungkin lebih kecil dari Ioniq T10 dan mungkin ukurannya serupa dengan Santa Cruz atau sedikit lebih besar.   Laporan saat ini menunjukkan bahwa Hyundai mungkin siap meluncurkan model baru tersebut pada tahun 2025 atau 2026. Kia juga diketahui sedang mengerjakan pikap bertenaga diesel yang diduga dijuluki 'Tasman' yang diperkirakan pada akhirnya akan menelurkan versi serba listrik.      

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #hyundai #siapkan #baru #berjenis #pikap #kemungkinan #namanya #ioniq #ioniq

KOMENTAR