Ragam Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Turun Drastis, Lengkap dengan Cara Mencegahnya
Baterai iPhone. [Shutterstock]
18:40
13 Februari 2024

Ragam Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Turun Drastis, Lengkap dengan Cara Mencegahnya

Cek ragam penyebab kesehatan iPhone turun drastis lengkap dengan cara mencegahnya. Mengetahui informasi ini bisa membuat Anda pandai-pandai menjaga kesehatan baterai iPhone akan terus dalam kondisi optimal.

Tak dapat dipungkiri bahwa kesehatan baterai ponsel menjadi salah satu hal yang cukup diperhatikan oleh pengguna. Sebab tanpa kesehatan baterai yang bagus, maka ponsel tidak akan mampu bekerja secara optimal.

Buat pengguna iPhone, perusahaan telah menyediakan fitur yang bisa membuat Anda mengetahui kesehatan baterai secara berkala. Namun, baterai iPhone yang sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

Kondisi Baterai iPhone yang Dianggap Optimal

Beberapa orang yakin bahwa hanya baterai dengan kesehatan 100% sebagai kondisi yang bisa dianggap optimal. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Apple menganggap iPhone apapun dengan kapasitas baterai 80% atau lebih berada dalam kondisi optimal.

Cara memeriksa status kesehatan baterai

Di iPhone manapun yang menginstal iOS 11.3 atau lebih baru, Anda dapat mengetahui kapasitas baterai dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Penting untuk dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk iPhone 6 dan semua model setelahnya.

Ragam penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis

1. Masa Pakai yang Sudah Lama

Perangkat Apple, seperti banyak perangkat lainnya, menggunakan baterai Lithium-ion. Seiring bertambahnya usia, muatan yang mereka miliki berkurang. Akibatnya, kapasitas baterai ponsel Anda terkuras lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Meskipun demikian, baterai iPhone dirancang untuk mempertahankan kapasitas 80% bahkan setelah 500 siklus pengisian daya.

Penuaan bahan kimia juga mengakibatkan impedansi, yang berarti baterai tidak lagi mampu menyuplai daya ke ponsel seperti dulu.

2. Koneksinya Selalu Aktif

Jika WiFi, Bluetooth, Data Seluler, dan Layanan Lokasi Anda selalu aktif, maka baterai ponsel Anda akan lebih cepat habis dibandingkan jika dimatikan.

3. Suhu Ekstrem

Suhu ekstrem juga menjadi salah satu penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis. Baik itu cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan baterai.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

1. Gunakan Mode Gelap

Mode Gelap memberikan lebih dari sekadar pengalaman menonton yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup. Ini juga dapat meningkatkan masa pakai baterai karena layar yang lebih cerah akan langsung menguras daya

2. Kurangi Kecerahan Layar

Layar yang cerah sangat penting jika Anda berada di bawah sinar matahari atau jika Anda berada di ruangan yang terang benderang. Namun, hal ini dapat menguras baterai ponsel Anda dalam waktu singkat.

Kecuali Anda benar-benar membutuhkannya, Anda disarankan untuk mengurangi kecerahan layar dengan cara membuka Pusat Kontrol.  Atau klik Pengaturan > Tampilan dan Kecerahan.

3. Gunakan Mode Daya Rendah

Seperti namanya, ini akan membuat ponsel Anda berjalan pada 'daya rendah' dengan mengurangi kecerahan layar (setelah tidak ada aktivitas) dan mencegah penyegaran aplikasi di latar belakang, dan banyak hal lainnya.

Anda dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah dengan memerintahkan Siri, atau Anda dapat melakukannya secara manual dengan masuk ke aplikasi Pengaturan. Ketuk Baterai dan aktifkan opsi Mode Daya Rendah.

Itulah ragam penyebab kesehatan baterai iPhone turun drastis, lengkap dengan bagaimana cara mencegahnya. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #ragam #penyebab #kesehatan #baterai #iphone #turun #drastis #lengkap #dengan #cara #mencegahnya

KOMENTAR