United E-Motor Berharap Pemerintah Melanjutkan Pemberian Subsidi untuk Sepeda Motor Listrik
Gerai baru sepeda motor listrik merek United E-Motor. (Dony)
22:00
13 Oktober 2024

United E-Motor Berharap Pemerintah Melanjutkan Pemberian Subsidi untuk Sepeda Motor Listrik

- Jenama United E-Motor yang menggelar kejuaraan road Race berjalan sukses. Ini merupakan salah satu strategi memastikan dan memunjukkan kualitas sepeda motor listrik kepada masyarakat lewat ajang balap.

Ini merupakan ajang balap khusus motor listrik pertama di Indonesia yang diselenggarakan United E-Motor, merek motor listrik lokal besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk.

United E-Motor One Make Race diadakan di Sentul International Karting Circuit pada Minggu (13/10) mempertandingkan 3 kategori kelas, yaitu kelas United TX3000, kelas United MX1200 dan kelas Avand SC Series (SC 121 & SC 122).

Direktur UNTD, Henry Mulyadi yang di temui di sela-sela lomba mengungkapkan bangga dengan suksesnya ajang balap ini. Pasalnya United E-Motor jadi brand motor listrik pertama secara profesional berhasil menggelar kejuaraan balap motor listrik pertama di Indonesia.

"Ini menjadi pembuktian bahwa produk United E-Motor tidak semata-mata hanya produk motor listrik biasa, namun sudah race proven, kemampuannya sudah teruji hingga di medan balap sekalipun,“ ungkap Henry Mulyadi.

Henry menambahkan bahwa di Sirkuit ini juga menjadikan laboratorium bagi United E-Motor dalam melakukan inovasi. Bahkan juga sebagai pembuktian bahwa baterai SLA (Sealed Lead Acid) yang digunakan pada tipe United MX1200 dan Avand SC Series juga tangguh dan teruji di lintasan balap.

“Motor yang digunakan engine nya semua orisinil, jadi yang dipakai race sesuai dengan (spesifikasi) yang ada. Hanya ada beberapa parts yang dikurangi yang sekiranya dapat mengganggu kelancaran race, seperti lampu depan dan kickstand atau standar motor,” jelas Henry Mulyadi.

Di sisi lain saat disinggung terkait pemberian subsidi pemerintah yang diberikan masyarakat untuk pembelian sepeda motor listrik yang telah habis kuotanya, Henry berharap agar dibuat lagi.

"Kami selaku produsen sepeda motor listrik sangat mengharapkan pemerintah memberikan lagi subsidi untuk pembelian sepeda motor listrik. Karena kami juga telah melakukan inovasi dan ekspansi secara masif agar populasi nya semakin banyak," ujarnya.

Seperti diketahui per 10 Oktober 2024 kuota motor listrik bersubsidi telah habis. Sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian memberikan kuota sepeda motor listrik yang berhak atas subsisi pembelian di tahun 2024 sebanyak 50.000 unit (pada Agustus 2024).

Kemudian beberapa minggu kemudian ditambah lagi 10.857 unit, sehingga totalnya 60.857 unit. Dan hingga tanggal 10 Oktober 2024 kuota tersebut sudah terpenuhi alias habis dimanfaatkan masyarakat yang membeli sepeda motor listrik.

Sampai saat ini ada 19 merek (dan 58 model motor) yang terdaftar sebagai merek motor listrik yang berhak mendapatkan subsidi Rp 7 juta bagi konsumen yang membelinya termasuk merek United E Motor.

"Prediksi kami di tahun 2025 peminat sepeda motor listrik akan semakin meningkat, apalagi kami selaku produsen terus melakukan inovasi memberikan yang terbaik bagi konsumen. Kita juga berharap kembali mendapat dukungan pemerintah terkait subsidi, kita tunggu saja," pungkas Henry.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #united #motor #berharap #pemerintah #melanjutkan #pemberian #subsidi #untuk #sepeda #motor #listrik

KOMENTAR