Anies Baswedan Jadi Sasaran Utama Hoaks Pemilu 2024 Terbanyak
Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan. [Suara/Rakha]
16:16
2 Pebruari 2024

Anies Baswedan Jadi Sasaran Utama Hoaks Pemilu 2024 Terbanyak

Hoaks atau berita palsu tentang Pemilu 2024 semakin marak beredar. Informasi bohong ini menargetkan para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Namun menurut data yang dibagikan oleh Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Anies Baswedan menjadi kandidat Capres yang paling banyak disebut dalam narasi hoaks.

Hoaks tersebut tidak hanya bernada negatif, namun juga positif seperti melebih-lebihkan kandidat.

Sebanyak 206 hoaks bernada positif dan 116 bernada negatif terkait Anies Baswedan ditemukan tersebar luas.

Angka ini disusul oleh beredarnya hoaks mengenai Ganjar Pranowo, dengan 63 bernada positif dan 73 hoaks negatif. Selanjutnya, Gibran Rakabuming dengan 12 hoaks positif dan 74 negatif.

Capres Prabowo Subianto pun menjadi sasaran hoaks dengan 28 positif dan 66 bernada negatif. Ditemukan pula hoaks terkait Mahfud MD dengan 44 narasi positif dan lima negatif.

Terakhir, Mafindo menemukan hoaks mengenai Muhaimin Iskandar sebanyak 17 bernada positif dan lima negatif.

Kolase Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Suara.com/Ema)Kolase Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. (Suara.com/Ema)

Melalui siaran pers yang diterima Suara.com pada Jumat (2/2/2024), Septiaji Eko Nugroho selaku Ketua Presidium Mafindo menyebut bahwa konten hoaks yang tersebar didominasi narasi saling serang antar pendukung masing-masing kandidat.

Topik hoaks yang paling banyak ditemukan adalah dukungan atau pengakuan kepada kandidat sebesar 33,1 persen, isu korupsi sebesar 12,8 persen, penolakan terhadap kandidat sebesar 10,7 persen, dan karakter atau gaya hidup negatif kandidat sebesar 7,3 persen.

Di sisi lain, hoaks yang terkait isu SARA tidak setinggi pada musim Pemilu 2019. Septiaji menemukan bahwa isu kecurangan pemilu dan isu SARA masing-masing sebesar 5 persen dan 3,9 persen.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan hoaks yang menggunakan isu SARA jika pilpres masuk ke putaran kedua.

Saat ini, Mafindo bekerja sama dengan Bawaslu RI dan Koalisi Masyarakat Sipil Lawan Disinformasi Pemilu 2024 yang terdiri dari 20 organisasi masyarakat sipil untuk mencegah timbulnya hoaks politik.

Upaya yang dilakukan tak hanya dengan pemeriksaan fakta terkait Pemilu 2024, namun juga pencegahan dalam bentuk vaksinasi informasi atau prebunking.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #anies #baswedan #jadi #sasaran #utama #hoaks #pemilu #2024 #terbanyak

KOMENTAR