United E-Motor Gunakan Ajang Balap Sebagai Pembuktian Punya Durability yang Mumpuni
Salah satu varian motor listrik besutan e United berlaga di ajang balap. (Dony)
22:32
10 Oktober 2024

United E-Motor Gunakan Ajang Balap Sebagai Pembuktian Punya Durability yang Mumpuni

- Motor listrik saat ini bukan sekedar alat transportasi harian. Namun dengan teknologi (tenaga) yang mumpuni, motor listrik juga mampu berlaga di ajang balap. Hal ini dibuktikan United E-Motor, menjelang perhelatan United E-Motor One Make Race terus melakukan persiapan.

Merek motor listrik lokal besutan PT Terang Dunia Internusa Tbk ini telah melakukan serangkaian uji coba ketahanan dan kecepatan untuk tipe-tipe motor listrik yang akan dipertandingkan.

United E-Motor telah melakukan uji coba fase dua untuk tipe motor listrik yang akan diturunkan dalam perlombaan, yaitu tipe United TX3000, United MX1200, Avand SC 121 dan Avand SC 122.

Uji coba dilakukan pada Senin, 7 Oktober 2024 di Sentul International Karting Circuit, menggandeng salah satu pembalap motor nasional, M. Iqbal Arifuddin.

“Kami telah melakukan endurance test untuk setiap tipe yang akan dilombakan. Hasilnya sangat memuaskan, dan menjadi bukti bahwa United E-Motor bukan sekedar motor listrik biasa, dan memiliki durability yang sangat baik,” ungkap Iqbal dalam keterangan resminya, Kamis (10/10).

Pengujian dilakukan dengan melakukan beberapa putaran lap melintasi Sentul Karting Sirkuit. Hasil yang di Catat untuk TX3000 mencatatkan fastest time 01:05 untuk 21 lap, MX1200 mencatatkan fastest time 01:30.8 untuk 18 lap.

Sedangkan untuk Avand SC 121 mencatatkan fastest time 01:22 untuk 16 lap dan Avand SC 122 mencatatkan fastest time 01:26.11 untuk 8 lap.

“Temperatur pada controller dan BCU (Battery Control Unit) terbukti sangat aman, walau pengetesan dilakukan dalam kondisi cuaca panas dan dalam kecepatan tinggi. Output nya sangat maksimal, diluar ekspektasi,” tambahnya.

Untuk tipe United TX3000, telah dilakukan endurance test pertama pada 30 September 2024 lalu di lokasi yang sama dengan mencatatkan hasil yang sangat memuaskan untuk 35 lap yang dilakukan.

Selain tipe-tipe United E-Motor yang disebutkan diatas, telah dilakukan juga uji coba terhadap tipe United E-Motor terbaru di kesempatan yang sama, yaitu United E-Motor MT1500 dan C2000.

Sebagai catatan, United E-Motor MT1500 berhasil membubuhkan fastest time 01:22.74 untuk 18 lap. Sedangkan United E-Motor C2000 mencatatkan fastest time terbaik yaitu 01:13.61 untuk 22 lap yang dilakukan.

Road race yang akan digelar pada 13 Oktober 2024 di Sentul International Karting Circuit tersebut merupakan ajang balap motor listrik profesional pertama yang digelar di Indonesia. United E-Motor menorehkan sejarah dengan menjadi merek motor listrik lokal pertama yang menggelar kejuaraan tersebut.

Terdapat 3 kategori kelas yang akan dilombakan, yaitu kelas TX3000, kelas MX1200 dan kelas Avand SC Series (SC 121 & SC 122). Keseluruhan kelas akan diikuti oleh para pembalap nasional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Bagi para pecinta balap motor yang ingin menyaksikan keseruan United E-Motor One Make Race, bisa menyaksikan langsung secara gratis. Tinggal langsung datang ke Sentul Karting Circuit pada 13 Oktober mulai jam 8 pagi. Terbuka untuk umum bagi siapapun yang siap jadi saksi sejarah perlombaan motor listrik pertama di Indonesia!” ungkap Head of Marketing Communication UNTD, Meilany Suryanata.

Meilany menambahkan, selain menyaksikan balap, pengunjung juga dapat menjajal ketangguhan beberapa tipe motor listrik United E-Motor lewat test ride yang dilakukan di area yang telah disiapkan.

Sebagai informasi United E-Motor One Make Race didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI).

 

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #united #motor #gunakan #ajang #balap #sebagai #pembuktian #punya #durability #yang #mumpuni

KOMENTAR