Cuma Pakai HP, Begini Cara Mengetahui Password Wifi Lewat Alamat IP
Ilustrasi cara mengetahui password wifi dengan alamat IP (Freepik)
12:24
10 Oktober 2024

Cuma Pakai HP, Begini Cara Mengetahui Password Wifi Lewat Alamat IP

Keberadaan Wifi sangat penting di era globalisasi seperti sekarang ini. Namun tak jarang seseorang lupa passwordnya. Jika mengalami hal demikian, jangan khawatir. Berikut ini  cara mengetahui password wifi dengan alamat ip.

Diketahui bahwa alamat IP (Internet Protocol) ini merupakan serangkaian angka untuk mengidentifikasi perangkat pada jaringan komputer. Alamat IP ini memungkinkan perangkat yang terhubung untuk saling komunikasi dan mengirim data.

Keberadaan alamat IP juga bisa digunakan untuk mengetahui password wifi. Ini bermanfaat jika kamu lupa password wifi. Nah untuk selengkapnya, berikut ini cara mengetahui password wifi dengan alamat ip yang dilansir dari berbagai sumber.

Cara Mengetahui Password Wifi Dengan Alamat IP

Baca Juga: Anak Usaha WIFI Gandeng 50 ISP Lokal Targetkan 25 Juta Rumah Tersambung Internet Murah

Untuk mengidentifikasi password WiFi pakai alamat IP, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini, tapi dengan catatan jika kamu punya izin untuk akses jaringan tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu pastikan perangkat milikmu tersambung ke jaringan WiFi yang passwordnya ingin kamu ketahui.
  2. Lalu, buka browser dan ketik alamat IP router pada bilah alamat.Untuk alamat IP router ini umumnya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Selain itu, kamu bisa juga mengeceknya dengan perintah ipconfig di Windows atau ifconfig di Linux/MAC
  3. Kemudian login ke Router menggunakan username dan password. Jika kamu belum mengubahnya, kamu bisa mencoba kombinasi default seoerti di bawah ini:
    • Username: admin
    • Password: admin
    • Username: admin
    • Password: password
    • Atau bisa juga lihat pada bagian belakang router untuk informasi login default.
  4. Jika sudah login, cari pengaturan Wifi, biasanya ada pada bagian bawah tab seperti ‘Wireless’, ‘WiFi Settings’, atau ‘Network’.
  5. Setelah login, biasanya pada bagian pengaturan WiFi akan muncul opsi untuk melihat atau ubah password WiFi. Untuk password biasanya ditandai sebagai ‘WPA Key’, ‘WPA2 Key’, atau ‘Pre-Shared Key’

Jika kamu tidak ada akses ke router, maka kamu tidak bisa tahu apa password WiFi yang sah. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah memperoleh izin jika ingin mengakses informasi alamat IP router.

Demikian ulasan mengenai  cara mengetahui password Wifi dengan alamat IP jika kamu lupa apa password wifi milikmu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Baca Juga: Cara Bobol Sandi Wifi di Laptop, Bisa Internet Gratisan Tapi Apakah Aman?

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #cuma #pakai #begini #cara #mengetahui #password #wifi #lewat #alamat

KOMENTAR