MediaTek Dimensity 9400 Hadir untuk HP Flagship, Fitur Apa yang Dibawa?
MediaTek Dimensity 9400. [MediaTek]
09:16
10 Oktober 2024

MediaTek Dimensity 9400 Hadir untuk HP Flagship, Fitur Apa yang Dibawa?

MediaTek hari ini, Rabu (9/10/2024) resmi merilis chipset baru yang ditujukan untuk HP flagship. Yakni MediaTek Dimensity 9400 yang hadir sebagai andalan baru dengan mengoptimalkan aplikasi edge-AI, gaming yang imersif, fotografi yang luar biasa, dan lebih banyak lagi.

Chipset MediaTek Dimensity 9400, sebagai generasi keempat dan terbaru dalam jajaran SoC MediaTek seluler flagship, diklaim membawa peningkatan performa yang signifikan dengan desain All Big Core generasi kedua yang dibangun dengan arsitektur CPU Arm v9.2, dikombinasikan dengan GPU dan NPU tercanggih untuk performa ekstrem, bahkan sangat hemat daya.

MediaTek Dimensity 9400 mengadopsi desain All Big Core generasi kedua MediaTek, yang mengintegrasikan satu inti Arm Cortex-X925 dan beroperasi dengan 3,62GHz, ditambah dengan 3 inti Cortex-X4 dan 4 inti Cortex-A720.

Desain ini diklaim menawarkan kinerja inti tunggal 35 persen lebih cepat dan kinerja multi-inti 28 persen lebih cepat dibandingkan chipset flagship generasi sebelumnya, Dimensity 9300.

Baca Juga: Urutan Chipset MediaTek Dimensity untuk HP 5G, dari Flagship hingga Mainstream

Dibangun melalui proses 3nm generasi kedua oleh produsen semikonduktor TSMC, Dimensity 9400 memiliki keunggulan hingga 40 persen lebih hemat daya ketimbang sebelumnya. Oleh karenanya, pengguna bakal merasakan pengalaman masa pakai baterai yang lebih lama.

MediaTek Dimensity 9400 akan terus memperkuat misi kami sebagai penggerak AI, mendukung aplikasi canggih sesuai kebutuhan pengguna dan beradaptasi dengan pilihan-pilihan mereka, sekaligus mendorong teknologi AI generatif dengan pelatihan LoRA di perangkat dan pembuatan video,” kata Joe Chen, Presiden MediaTek.

Sebagai chipset flagship generasi keempat, Dimensity 9400 terus membangun momentum dalam peningkatan pangsa pasar dan jejak MediaTek untuk menghadirkan performa andal dengan desain paling efisien demi pengalaman pengguna terbaik.” lanjutnya.

Dengan NPU Generasi ke-8 dari MediaTek, MediaTek Dimensity 9400 memiliki sejumlah pencapaian pertama di industri untuk performa AI generatif yang mengesankan; ini termasuk chipset seluler pertama yang menawarkan pelatihan LoRA dan pembuatan video berkualitas tinggi di perangkat, serta mendukung pengembang AI Agentic.

Untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan aplikasi AI agentic dan generatif terbaru, MediaTek Dimensity 9400 menawarkan model bahasa besar (LLM) hingga 80 persen lebih cepat, sekaligus 35 persen lebih hemat daya dibandingkan Dimensity 9300.

Baca Juga: Eksplorasi Kamera OPPO Reno12 Pro 5G yang Ditenagai MediaTek Dimensity 7300-Energy

MediaTek Dimensity 9400 juga mengintegrasikan Dimensity Agentic AI Engine (DAE) baru dari MediaTek, yang dirancang untuk mengubah aplikasi AI tradisional menjadi aplikasi AI agentik yang lebih canggih.

MediaTek bekerja dengan pengembang untuk menawarkan antarmuka terpadu antara agen AI, APK pihak ketiga, dan model yang secara efisien menjalankan layanan AI edge dan cloud.

Pendekatan ini memungkinkan model bekerja dengan berbagai APK pihak ketiga, sehingga menghemat waktu pengembangan, tentu saja akan membantu mendorong ekosistem baru aplikasi AI agentik.

Arm Immortalis-G925 12-inti menghadirkan pengalaman gaming yang imersif dengan kinerja raytracing hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

MediaTek Dimensity 9400 juga membawa fitur setara PC ke ponsel pintar dengan daya dukung opacity micromaps (OMM) untuk efek transparansi yang lebih realistis.

GPU yang kuat ini juga menawarkan peningkatan kinerja puncak (peak performance) hingga 41 persen dengan penghematan daya hingga 44 persen ketimbang Dimensity 9300, sehingga memungkinkan pengguna bermain game lebih lama. Selain itu,

Dimensity 9400 mendukung MediaTek Frame Rate Converter demi gameplay yang lebih halus dan Arm Accurate Super Resolution (Arm ASR) untuk penghematan energi yang lebih besar, tapi tetap mempertahankan kualitas gambar yang mengesankan.

Dengan MediaTek Imagiq 1090, Dimensity 9400 juga mendukung perekaman video HDR di seluruh rentang zoom sehingga pengguna dapat mengabadikan momen sempurna dari kejauhan; teknologi Smooth Zoom dari MediaTek memudahkan pengguna menangkap momen subjek bergerak.

Selain itu, chipset ini juga dirancang untuk meminimalkan konsumsi energi saat pengguna mengambil foto dan video, menawarkan hemat konsumsi daya hingga 14 persen saat merekam video 4K60 dibandingkan Dimensity 9300.

MediaTek Dimensity 9400. [MediaTek]MediaTek Dimensity 9400. [MediaTek]

MediaTek Dimensity 9400 membawa fitur tambahan lainnya, antara lain:

  • Modem 5G 3GPP Release-17 yang diperbarui dengan 4CC-CA dan kinerja hingga 7Gbps di frekuensi sub-6GHz.
  • Chip kombo Wi-Fi/Bluetooth 4nm baru dengan kinerja data hingga 7,3Gbps dan konsumsi daya hingga 50 persen lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Dukungan Wi-Fi 7 tri-band MLO.
  • MediaTek Xtra Range 3.0 menawarkan jangkauan Wi-Fi hingga 30 meter lebih luas.
  • Dual SIM Dual Active 5G/4G merupakan kapabilitas dual data yang memberikan fleksibilitas bagi pengguna.
  • Dukungan ponsel cerdas lipat tiga, sehingga memberikan kebebasan kepada produsen ponsel cerdas merancang inovatif baru.

Smartphone pertama yang memakai MediaTek Dimensity 9400 akan tersedia di pasar mulai Q4 2024. Kita nantikan HP flagship apa yang nantinya akan memakai chipset ini.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #mediatek #dimensity #9400 #hadir #untuk #flagship #fitur #yang #dibawa

KOMENTAR