Lembaga Pendidikan Jepang Kembangkan Sekolah Berbasis Virtual Reality ala Metaverse, Janjikan Kegiatan Menarik Didalamnya
Tampilan Yushi International High School dalam dunia Metaverse yang Dapat Diakses para Siswa Menggunakan Perangkat Virtual Reality (VR). Sumber: AOMINEXT / Yushi Kokusaimetasei
17:44
30 Januari 2024

Lembaga Pendidikan Jepang Kembangkan Sekolah Berbasis Virtual Reality ala Metaverse, Janjikan Kegiatan Menarik Didalamnya

 

Perkembangan teknologi berbasis Virtual Reality (VR) di Jepang nampaknya akan memasuki babak baru.

Salah satu lembaga pendidikan Jepang yakni Yuushi International High School akan mengadakan pendidikan mereka di dalam Metaverse dengan bantuan perangkat VR.

Mereka berkolaborasi dengan salah satu perusahaan pengembang teknologi VR yakni AOMINEXT dengan membangun sekolah virtual.

Dilansir dari PR Times, Selasa (30/1), sekolah tersebut nantinya akan tetap menjalankan kurikulum pendidikan yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi.

Para siswa tetap diharuskan untuk menyelesaikan pendidikan mereka sebagaimana sekolah pada umumnya yakni selama tiga tahun untuk mendapatkan ijazah.

Bila tidak memiliki perangkat VR ataupun PC yang dapat mengoperasikannya, AOMINEXT akan menyediakan perangkat tersebut secara gratis.

Platform yang digunakan oleh sekolah tersebut bernama ‘Planeta’, sebuah dunia Metaverse terkemuka yang telah digunakan oleh beberapa perusahaan ternama.

Mengutip Automaton, sekolah tersebut ingin memberikan kesempatan bagi para siswa yang ingin menuntut ilmu dengan cara yang berbeda.

Mereka tidak perlu datang secara fisik ke lembaga pendidikan, namun cukup hadir di kelas dengan menggunakan model tiga dimensi yang mereka sukai.

Dari Pembelajaran Pembuatan Produk VR hingga Turnamen Esports

Berdasarkan laman resmi sekolah virtual SMA Yuushi Kokusai, mereka akan mengadakan beberapa kegiatan menarik di dalam dunia metaverse itu.

Para siswa akan diajarkan langsung bagaimana proses pembuatan konten-konten Virtual Reality yang langsung dilaksanakan di dunia tersebut melalui program khusus.

Mereka beralasan bahwa pembelajaran tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang mengambil pendidikan berbasis IT.

Ilmu mengenai pembuatan produk VR dinilai dapat bermanfaat bagi seluruh siswa di masa yang akan datang.

Selain itu mereka juga berencana akan mengadakan festival sekolah secara virtual yang akan melibatkan seluruh siswa.

Acara tersebut nantinya dapat dihadiri oleh para orang tua maupun orang lain yang akan diberikan akses memasuki dunia metaverse itu.

Untuk menambah kedekatan antar siswa, sekolah tersebut rencananya juga akan mengadakan turnamen esports yang akan berlangsung di dalam dunia tersebut.

Turnamen tersebut rencananya akan diadakan untuk memberi sambutan pada peserta didik yang baru memasuki sekolah virtual itu.

Sekolah virtual hasil kerjasama AOMINEXT dan Yuushi Internasional High School tersebut saat ini sedang mencari peserta didik baru untuk kelas yang akan dibuka pada April 2024 mendatang.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #lembaga #pendidikan #jepang #kembangkan #sekolah #berbasis #virtual #reality #metaverse #janjikan #kegiatan #menarik #didalamnya

KOMENTAR