Fortnite Balik Lagi ke iPhone-iPad Usai 3 Tahun Diblokir Apple
Fortnite. [amrothman/Pixabay]
06:56
29 Januari 2024

Fortnite Balik Lagi ke iPhone-iPad Usai 3 Tahun Diblokir Apple

Epic Games mengumumkan bakal meluncurkan toko aplikasi Epic Games Store di iPhone dan iPad buatan Apple. Tak hanya itu, game Fortnite juga bakal kembali diluncurkan usai tiga tahun diblokir.

Pengumuman ini muncul usai Uni Eropa memaksa Apple untuk mengizinkan aplikasi bisa dipasang (instal) di luar toko aplikasi resmi App Store, seperti dikutip dari India Today, Minggu (28/1/2024).

Sayang perusahaan game tersebut Epic tidak mengungkapkan banyak informasi tentang rencananya. Mereka hanya menyatakan bahwa Epic Games Store dan Fortnite akan tersedia di akhir tahun 2024.

Namun pengguna yang bisa mengakses Epic Games Store dan Fortnite adalah mereka yang berada di wilayah yang terdampak Digital Markets Act alias Undang-Undang Pasar Digital yang dimiliki Uni Eropa.

Diketahui Apple selama ini melarang kebijakan sideloading, di mana fitur tersebut sudah lama ada di HP Android. Perusahaan asal Cupertino itu beralasan kalau sideloading akan berisiko pada kerentanan data pengguna.

Tapi di sisi lain, Apple dianggap monopoli karena tidak mengizinkan aplikasi lain dipasang dari luar App Store. Berkat kebijakan Uni Eropa, Apple akhirnya mengizinkan fitur tersebut.

Sayangnya kebijakan ini kemungkinan bakal berlaku untuk pengguna Apple yang hanya berada di Uni Eropa. Tidak ada informasi apakah negara lain, termasuk Indonesia, bisa melakukan hal serupa.

Sementara itu Epic Games dan Apple masih saling bertarung di sidang hukum selama beberapa tahun terakhir. Epic Games menolak kebijakan Apple soal monopoli tersebut.

Buntut hal itu, Apple memblokir akses Epic Games, termasuk Fortnite, kepada para pengguna iPhone dan iPad. Namun Epic memastikan kalau pertarungan hukumnya dengan Apple bakal terus berlanjut.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #fortnite #balik #lagi #iphone #ipad #usai #tahun #diblokir #apple

KOMENTAR