Microsoft Berhentikan 1.900 Karyawan, Mayoritas dari Divisi Gaming
Microsoft mengumumkan pengurangan signifikan jumlah tenaga kerja di divisi gaming. (AP/Michel Euler)
05:40
27 Januari 2024

Microsoft Berhentikan 1.900 Karyawan, Mayoritas dari Divisi Gaming

- Awal 2024 diramaikan dengan kabar PHK massal yang dilakukan sejumlah perusahaan teknologi kelas dunia. Kinerja keuangan, efisiensi, dan restrukturisasi bisnis jadi dalih bagi perusahaan untuk memecat pekerja mereka.

Terbaru Microsoft. Raksasa perangkat lunak tersebut baru-baru ini mengumumkan pengurangan signifikan jumlah tenaga kerja di divisi gaming. Dilansir dari IGN, langkah PHK massal yang ditempuh Microsoft berdampak pada 1.900 karyawan.

Keputusan itu, meski sulit, terjadi pada saat industri game sedang menghadapi tren PHK dan restrukturisasi yang meluas. Phil Spencer, pimpinan Xbox menyampaikan kabar sulit ini kepada para stafnya, menekankan komitmen Microsoft untuk memberikan dukungan penuh, termasuk manfaat pesangon, kepada mereka yang terkena dampak.

Tindakan ini menunjukkan tanggung jawab Microsoft terhadap karyawannya di masa-masa sulit. Tapi tetap saja, ribuan tenaga kerja Microsoft dipangkas, dipecat dan mesti mencari pekerjaan baru.

PHK tersebut menyusul akuisisi besar-besaran Microsoft atas Activision Blizzard senilai USD 69 miliar atau berkisar Rp 1 kuadriliun, sebuah langkah yang membawa judul-judul populer seperti Call of Duty di bawah sayapnya.

Akuisisi ini, salah satu yang terbesar di industri game, memerlukan penyelarasan strategis dan tinjauan struktur biaya untuk mendukung perluasan bisnis. Seperti yang dicatat Spencer, integrasi tim dari Activision, Blizzard, dan King ke dalam Microsoft memerlukan penilaian ulang prioritas dan penghapusan area yang tumpang tindih.

Keputusan untuk melakukan perampingan, meskipun sulit, mencerminkan pergeseran strategis menuju pertumbuhan berkelanjutan. Meskipun mengalami kemunduran, divisi game Microsoft terus menunjukkan harapan.

Perusahaan baru-baru ini memamerkan sejumlah game baru yang menarik, menandakan komitmen berkelanjutannya untuk menghadirkan pengalaman bermain game berkualitas tinggi. Judul-judul seperti Indiana Jones dari MachineGames dan Avowed dari Obsidian mengisyaratkan banyaknya konten, menunjukkan masa depan yang cerah untuk platform Xbox.

Konteks yang lebih luas dari PHK ini adalah tren PHK yang meresahkan di industri game. Tahun lalu saja, ribuan pekerja mengalami PHK di sektor ini, dan tren ini terus berlanjut hingga tahun 2024. Hal ini mencerminkan pergeseran industri yang lebih luas ketika perusahaan mengevaluasi kembali strategi mereka di pasar yang berkembang pesat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #microsoft #berhentikan #1900 #karyawan #mayoritas #dari #divisi #gaming

KOMENTAR