Keyword Mahfud MD Mendadak Hilang di Pencarian X, Begini Penjelasan Kominfo
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
14:36
26 Januari 2024

Keyword Mahfud MD Mendadak Hilang di Pencarian X, Begini Penjelasan Kominfo

- Kata kunci calon wakil presiden nomor urut 03 Mahfud MD mendadak hilang di media sosial X. Kabar hilangnya keyword Mahfud MD di X tentu saja membuat heboh netizen.

Mereka mempertanyakan mengapa mendadak hilang di tengah sorotan kritis Mahfud MD tentang materi debat Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming yang menyerang Mahfud MD di debat cawapres II yang diselenggarakan KPU pekan lalu.  

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengklaim pihak X sudah melakukan pembersihan. Kemudian, keyword Mahfud Md sudah kembali dapat ditemui di X mulai sekitar pukul 09.00 hari ini, Jumat (26/1/2024)

"Saya sudah kontak ke X dan beri tahu kata kunci Mahfud itu ada yang menggerakkan bot, tapi sekarang sudah dibersihkannya. Jadi ada spending dan sekalian dibersihkan dan di jam 9 sudah recover," ujar Semuel di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Semuel menyampaikan, menurut penjelasan pihak X, keyword Mahfud MD hilang sejak Kamis (25/1/2024) malam. Sehingga tidak dapat ditemukan ketika diketik "Mahfud Md" pada kolom pencarian media sosial X.

"Semalam itu waktu di-search, kata 'Mahfud' itu di kategori latest itu tidak muncul. Itu dari tadi malam," kata Semuel.

Berdasarkan keterangan X, lanjut Semuel, ditemukan bot spam dalam beberapa postingan yang ditemukan sekaligus menyertakan keyword 'Mahfud'. Padahal, beberapa cuitan tidak terkait dengan Mahfud Md. Hal tersebut yang mendasari X melakukan pembersihan.

"X bilang, sudah temukan botnya, ada bot spamming, tiap tweetannya itu ada kata-kata Mahfud Mahfud terus gitu, dan kata dia tulisannya tidak layak. Jadi, sama X dibersihin dulu," terang Semuel.

Sebelumnya, Cawapres nomor urut 03 Mahfud Md mempertanyakan, ketidak munculan namanya ketika dicari keyword Mahfud. Ia membalas cuitan media, yang menyampaikan tentang pencarian kata "Mahfud" tidak muncul di platform X.

"Wah, kok bisa ya @TwitterID ??? SELESAI," tulis Mahfud mengomentari akun berita nasional, Kamis (25/1/2024).

Editor: Choirul Arifin

Tag:  #keyword #mahfud #mendadak #hilang #pencarian #begini #penjelasan #kominfo

KOMENTAR