Hadirkan Fitur Baru, Chrome Kini Punya Fitur AI Generatif untuk Browsing yang Lebih Cerdas
Ilustrasi: Broswer Chrome ketambahan fitur-fitur baru berbasis AI. (Chrome).
16:32
25 Januari 2024

Hadirkan Fitur Baru, Chrome Kini Punya Fitur AI Generatif untuk Browsing yang Lebih Cerdas

Google terus memperluas penerapan dan pemanfaatan AI pada produk dan layanannya. Sejak peluncuran Gemini, raksasa pencarian ini telah secara aktif mendorong fitur berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) ke dalam produk yang kompatibel, termasuk Chrome, Android, dan lainnya.    Selain beberapa pembaruan berbasis User Interface (UI) dan kinerja, Google meluncurkan beberapa fitur AI generatif baru untuk pengguna Chrome. Google Chrome meluncurkan tiga fitur AI generatif eksperimental dalam rilis terbarunya (M121). Pengguna Mac dan PC Windows di AS dapat mengakses fitur ini.   Seiring dengan peningkatan pengalaman penjelajahan yang lancar, pembaruan baru ini juga meningkatkan kehebatan AI browser. Fitur pertama adalah Tab Organizer, secara otomatis menyarankan dan membuat grup tab berdasarkan tab yang terbuka, menyederhanakan pengalaman menjelajah.  

  Jika Anda sedang mencari ponsel cerdas baru dan, dalam prosesnya, membuka banyak tab, maka fitur ini bisa berguna. Ini akan membantu mengelompokkan semua tab yang terkait dengan pencarian ponsel cerdas ke dalam grup tab. Sejak diperkenalkannya fitur Grup Tab tahun lalu, belum ada perubahan besar apa pun pada fitur tersebut.    Fitur AI generatif baru tampaknya meningkatkan fitur Grup Tab saat ini ke tingkat yang baru. Fitur kedua memungkinkan pengguna membuat tema khusus dengan AI menggunakan model difusi teks-ke-gambar.    Mulai dari membuat wallpaper dan kini hingga tema khusus, Google telah bekerja keras untuk meningkatkan kehebatan AI Chrome. Hal yang sama dapat diakses di AS dengan menuju ke panel samping “Sesuaikan Chrome”, klik “Ubah tema” dan kemudian “Buat dengan AI.”   

  Pengguna juga dapat menambahkan detail tambahan seperti gaya animasi dan memilih di antara suasana adegan yang berbeda, seperti tenang. Pengguna juga dapat menggunakan foto yang diunggah untuk membuat tema baru.   Terakhir, fitur bantuan menulis yang didukung AI, “Bantu saya menulis,” membantu pengguna dalam menyusun konten di web dengan teks yang disarankan. Ini akan diluncurkan pada rilis bulan depan.    Pengguna dapat mengklik kanan kotak teks atau kolom di situs mana pun dan memilih “Bantu saya menulis.” Ini akan sangat membantu dengan memberikan teks yang disarankan dan membuat tugas seperti meninggalkan ulasan, RSVP, atau pertanyaan menjadi lebih efisien dan ramah pengguna.  

  Dilansir via Gizmochina, eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penelusuran sambil mempertahankan personalisasi. Integrasi AI dan Machine Learning termasuk model AI baru Gemini, diharapkan dapat membawa peningkatan lebih lanjut pada Chrome di tahun mendatang.   Fitur AI generatif baru tidak hanya meningkatkan fungsionalitas browser Chrome tetapi juga meningkatkan kemampuan penyesuaian. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menuju ke “Pengaturan” dan menavigasi ke halaman “AI Eksperimental” setelah masuk.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #hadirkan #fitur #baru #chrome #kini #punya #fitur #generatif #untuk #browsing #yang #lebih #cerdas

KOMENTAR