Setelah S24 Series, Fitur Kamera di One UI 6.1 Dipastikan Hadir di Smartphone Galaxy Lama
Ilustrasi: Kamera Galaxy S24 Series dengan segala kecanggihannya. (Istimewa)
13:52
25 Januari 2024

Setelah S24 Series, Fitur Kamera di One UI 6.1 Dipastikan Hadir di Smartphone Galaxy Lama

- Samsung telah mengumumkan seri Galaxy S24 pekan lalu. Dengan peluncuran ini, perusahaan telah memperkenalkan banyak fitur baru. Di antaranya adalah beberapa fitur kamera canggih yang hadir di One UI 6.1 baru.

Bukan hanya perangkat Galaxy S24 yang akan menikmati semua fitur kamera baru di One UI 6.1. Samsung baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan sejumlah besar perangkat tersebut ke perangkat Galaxy lama.

Salah satu fitur kamera One UI 6.1 yang dibawa seri Galaxy S24 adalah mode Single Take yang lebih baik. Sekarang memungkinkan pengguna untuk memilih dari empat tingkat zoom yang berbeda sebelum mengambil gambar. Opsinya mencakup 10x, 5x, 3x, 1x, dan ultrawide.

Sebelumnya, Anda tidak mendapatkan opsi zoom apa pun untuk mode ini. Selain itu, mode Single Take di One UI 6.1 dapat memberikan hasil lebih, termasuk pengenalan hewan peliharaan. Ini berarti Anda bisa mendapatkan video dan gambar kucing atau anjing peliharaan Anda yang lebih baik dengan mode ini diaktifkan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sudah hadir di seri Galaxy S24. Namun Samsung membawanya ke jajaran S23, keluarga S22, Z Flip 4 dan lebih baru, Z Fold 4 dan lebih baru, serta jajaran Tab S9.

Seri Samsung Galaxy S24 memiliki fitur long exposure atau eksposur panjang baru. Ini memungkinkan Anda mengedit gambar dengan pencahayaan lama melalui fungsi edit aplikasi Galeri. Tentu saja, ini tidak akan berfungsi dengan semua gambar yang Anda miliki di galeri.

Sebaliknya, Anda hanya dapat mengedit gambar yang diambil dengan mengaktifkan fitur Motion Photo. Fitur ini sangat mirip dengan fungsi eksposur lama di iPhone baru. Saat Anda mengambil gambar dengan Live Photos diaktifkan, fungsi kamera ponsel Apple menyarankan versi eksposur lama.

Tentu saja, Anda dapat dengan mudah mendapatkan bidikan eksposur panjang dengan mode Pro. Namun fitur One UI 6.1 ini sedikit membuatnya lebih mudah.
Fitur tersebut tersedia di seri Galaxy S24. Ini juga akan tersedia di ponsel yang disebutkan sebelumnya untuk mode Single Take.

Di perangkat Galaxy S24, Anda dapat memilih bingkai yang diinginkan dari jepretan Foto Bergerak. Ponsel ini kemudian memanfaatkan peningkatan AI untuk mengubah bingkai tersebut menjadi tangkapan 12 MP. Samsung belum secara resmi mengumumkan model lama mana yang akan mendapatkan fitur ini.

Ini menunjukkan bahwa perangkat apa pun yang menjalankan One UI 6.1 akan mendapatkannya. Selain itu, One UI 6.1 juga memiliki fungsi pewarnaan yang berguna. Ini menganalisis gambar hitam-putih dan memungkinkan Anda menambahkan perkiraan warna ke dalamnya.

Selain itu, dengan One UI 6.1, Samsung kini memungkinkan pengguna untuk mulai mengedit video di perangkat Samsung yang menjalankan aplikasi pengeditan Studio dan menyelesaikannya di perangkat lain. Misalnya, Anda dapat menyelesaikan pengeditan di PC atau tablet Anda. Namun, Samsung belum menentukan perangkat lawas mana yang akan mendapatkan fitur tersebut.

Terakhir, Samsung memungkinkan pengguna melihat hasil jepretan video HDR di aplikasi media sosial. Fitur ini diharapkan hadir di Galaxy Z Flip 5, Z Fold 5, dan kisaran S23.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #setelah #series #fitur #kamera #dipastikan #hadir #smartphone #galaxy #lama

KOMENTAR