Jejak Digital Prabowo Subianto Pernah Pesan Mobil Esemka tapi Tak Dapat, Warganet: Kebohongan Nyata Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. [suara.com/Erick]
13:24
6 Oktober 2024

Jejak Digital Prabowo Subianto Pernah Pesan Mobil Esemka tapi Tak Dapat, Warganet: Kebohongan Nyata Jokowi

Mobil Esemka yang dulu sempat dibanggakan Presiden Jokowi kini tak terdengar lagi kabarnya. Padahal, Jokowi sempat berjanji akan meresmikan produksi massal mobil buatan anak bangsa tersebut pada 2019. Janji imitasi tersebut diungkit kembali oleh publik melalui media sosial menjelang akhir masa jabatan Presiden Jokowi.

Tak sedikit warganet di platform X yang menagih kembali janji Jokowi mengenai produksi mobil Esemka dan tanggung jawabnya atas pesanan yang telah masuk. Hal tersebut juga disampaikan oleh warganet dengan akun X @denismalhotra pada 4 Oktober 2024.

Pemilik akun itu juga menambahkan bukti bahwa tak hanya masyarakat biasa yang memesan mobil Esemka, namun juga Prabowo Subianto.

Warganet mulanya mengutip sebuah video lawas yang memberitakan pernyataan Jokowi mengenai mobil Esemka. Ia kemudian menyebut jika permintaan maaf Jokowi di akhir masa pemerintahannya itu tidak jelas dan lebih baik mulai memproduksi mobil Esemka sesuai janjinya.

Baca Juga: Program Makan Bergizi Gratis Tak Hanya Jadi Solusi untuk Stunting tapi Juga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

"Sekadar usul nih Mul @Jokowi, daripada ke sana kemari minta maaf nggak jelas, mending ente produksilah 6000 Esemka dan serahkan ke para pemesan yang sudah menunggu sejak 2012 itu," cuit pemilik akun.

Cuitan selanjutnya kemudian mengutip tweet milik Prabowo Subianto yang mengaku sudah memesan mobil Esemka. Tweet tersebut diunggah Prabowo dalam sebuah percakapan dengan dua orang lainnya yang menanyakan pendapat Prabowo mengenai mobil murah.

Namun, Prabowo Subianto mengaku jika pesanan Esemkanya belum diterimanya.

"Saya sudah pesan mobil Esemka tetapi pesanan saya belum dating. Jika sudah rencana ganti mobil bung @nggaPD @maheswara83," cuit Prabowo pada 26 September 2013.

Cuitan lawas Prabowo soal pemesanan mobil Esemka. [X/@prabowo]Cuitan lawas Prabowo soal pemesanan mobil Esemka. [X/@prabowo]

Unggahan tersebut pun menuai beragam komentar dari publik. Tak sedikit warganet yang menyebut jika Prabowo pun merupakan korban dari janji palsu Jokowi.

Baca Juga: Bibit Bobot Bebet Raffi Ahmad: Punya Gelar Doktor, Layak Masuk Kabinet?

"Waw ternyata pak @Prabowo sudah pesan mobil Esemka, apakah ini artinya bapak juga sudah termakan hoaks? Sadis," cuit akun @ran****.

"Ini tweet 2013, eh ternyata 11 tahun kemudian masih belum dapat juga pesanannya. Kebohongan nyata Jokowi," komentar @grie*****.

"Ini awalnya sebuah bentuk apresiasi dan support seorang negarawan terhadap ide dan juga perkembangan dunia industry lokal Tanah Air. Lihat betapa sabarnya beliau menanti hingga kini dari si pengumbar janji yang telah menjadi pemimpin negeri (katanya) tapi hak tak jua dipenuhi?" tambah @skan**.

"Ini tweet 11 tahun yang lalu dan masih valid kalau Mulyono tukang hoaks," sahut @fai*.

"Sudah 11 tahun pre order nggak muncul juga tuh mobil, pasti yang promot mobil itu tukang ngibul tingkat dewa," timpal @ab***.

Editor: Cesar Uji Tawakal

Tag:  #jejak #digital #prabowo #subianto #pernah #pesan #mobil #esemka #tapi #dapat #warganet #kebohongan #nyata #jokowi

KOMENTAR