Cara Memperbaiki Layar Sentuh iPhone yang Tidak Berfungsi
Ilustrasi iPhone. (freepik)
06:40
25 Januari 2024

Cara Memperbaiki Layar Sentuh iPhone yang Tidak Berfungsi

Dalam beberapa kasus, iPhone tidak merespons input sentuhan pada layar yang kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan perangkat keras.

Namun kecuali kerusakan tersebut terlihat, pengguna dapat mencoba beberapa cara terlebih dahulu untuk memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi atau error tanpa pergi ke Apple Store.

Berikut ini cara memperbaiki layar sentuh iPhone:

1. Periksa apakah pelindung layar yang menjadi penyebabnya

Jika masalah muncul segera setelah menggunakan pelindung layar atau memasang casing yang sudah dilengkapi pelindung, itu adalah penyebabnya.

Ingatlah bahwa pelindung dirancang untuk memungkinkan input, sehingga kemungkinan besar pelindung rusak atau tidak dipasang dengan benar jika menyebabkan masalah.

2. Pastikan layar bersih dan kering

Layar kapasitif seperti pada iPhone mendeteksi sinyal listrik di jari pengguna, sehingga jika ada cukup banyak kotoran atau cairan apa pun yang menghalanginya, hal ini dapat mengurangi sensitivitas sentuhan atau memblokirnya sepenuhnya.

Untuk membersihkan layar iPhone, pengguna dapat menggunakan air keran, tetapi yang lebih baik lagi adalah semprotan khusus untuk monitor atau kacamata.

Keringkan menggunakan kain mikrofiber, poles hingga semua bekas goresan hilang. Waspadai serpihan atau cairan yang terperangkap di bawah layar saat pengguna menggunakannya, karena ini adalah masalah yang lebih serius yang pasti memerlukan perbaikan.

3. Putuskan sambungan aksesori kabel apa pun

Anehnya, beberapa aksesori USB-C atau Lightning dapat mengganggu teknologi sentuh iPhone, meskipun kedua sistem tersebut seharusnya terpisah.

Apple sendiri mengakui hal ini, sehingga pengguna dapat mencabut baterai atau perangkat berkabel lain yang mungkin pengguna sambungkan, lalu coba lagi kontrol sentuh.

Jika masalah hanya muncul ketika aksesori tertentu dipasang, pengguna mungkin harus membuangnya atau mencari penggantinya. Jika hal ini terjadi pada setiap aksesori berkabel, mungkin ada bug iOS yang mendalam atau masalah perangkat keras.

Ilustrasi iPhone (unsplash/christianallard)Ilustrasi iPhone (unsplash/christianallard)

4. Mulai ulang paksa iPhone

Mungkin saja ada kesalahan sementara yang bisa diatasi dengan reboot, tapi itu sedikit rumit ketika layar sentuh tidak merespons.

ntungnya, Apple memikirkan hal itu, sehingga mungkin untuk memulai ulang secara paksa hanya dengan menggunakan tombol fisik. Di sebagian besar iPhone, pengguna dapat melakukan ini dengan mengetuk tombol volume atas, lalu tombol volume bawah, dan terakhir menekan dan menahan tombol samping hingga logo Apple muncul.

5. Pindai pembaruan iOS

ika penyebabnya adalah bug perangkat lunak, pengguna harus memperbarui iPhone. Tetapi jika pengguna tidak dapat menggunakan metode konvensional saat input sentuhan rusak, pengguna bisa melakukannya melalui Mac.

Colokkan iPhone, pilih iPhone di bar samping, lalu klik tab General. Klik opsi Check for Update dan pengguna seharusnya dapat menginstal, meskipun pengguna ungkin dimintai kode sandi.

Sementara itu, pengguna Windows perlu membuka iTunes, mencolokkan iPhone, dan mengklik ikon perangkat kecilnya ketika muncul di bagian atas aplikasi. Dari sana pengguna dapat memilih opsi Summary di sidebar, lalu klik Check for Update.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki layar sentuh iPhone yang tidak berfungsi.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #memperbaiki #layar #sentuh #iphone #yang #tidak #berfungsi

KOMENTAR