Aplikasi GoPay Hadirkan Fitur Baru Split Bill Berbasis AI, Pantungan Makin Gampang
GoPay hadirkan fitur baru Split Bill di Jakarta, Kamis (3/10/2014). [Suara.com/Dythia Novianty]
17:32
3 Oktober 2024

Aplikasi GoPay Hadirkan Fitur Baru Split Bill Berbasis AI, Pantungan Makin Gampang

GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia memperkenalkan inovasi fitur Split Bill yang membuat patungan untuk berbagai pembayaran jadi lebih gampang.

Pengguna cukup memfoto struk, menagihkan, dan membayar di satu aplikasi.

Kelvin Timotius, Head of GoPay Wallet mengatakan, fitur ini lahir dari pengalaman yang sering ditemui masyarakat.

"Fitur Split Bill ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengeluaran bersama mulai dari patungan saat makan bareng teman di restoran atau tempat kumpul-kumpul lainnya, bayar arisan, pengeluaran selama liburan hingga berbagi tagihan rutin bulanan lainnya," ungkapnya di Jakarta, Kamis (3/10/20204).

Baca Juga: Ngeri Banget, Google Earth Bisa Bawa Kita Balik ke Masa Lampau

Fitur Split Bill di aplikasi GoPay menjadi solusi praktis untuk menghitung otomatis pembagian nominal yang harus dibayar oleh masing-masing teman saat makan bareng.

Penghitungan otomatis ini mencakup nominal pemesanan makanan dan minuman, pajak, dan biaya layanan restoran.

GoPay hadirkan fitur baru Split Bill di Jakarta, Kamis (3/10/2014). [Suara.com/Dythia Novianty]GoPay hadirkan fitur baru Split Bill di Jakarta, Kamis (3/10/2014). [Suara.com/Dythia Novianty]

Split Bill memiliki beberapa manfaat, seperti hitung struk otomatis.

Fitur Split Bill menggunakan teknologi kecerdasan buatan Optical Character Recognition (OCR) yang dikembangkan oleh tim internal GoTo.

"Cukup dengan memfoto struk, teks otomatis terbaca dengan akurasi lebih dari 90 persen,” tambah dia.

Baca Juga: Antisipasi Penipu Online, Dana Siapkan Fitur Baru dan Beri Jaminan Uang Kembali 100%

Teknologi OCR by GoTo AI yang ditanamkan dapat memproses penghitungan secara otomatis sesuai nominal setiap anggota patungan.

“Fitur inovatif Split Bill di aplikasi GoPay merevolusi cara kita membagi pengeluaran bersama dengan lebih akurat tanpa harus menghitung manual dan tanpa perlu pakai kalkulator,” ujar Kelvin.

Split bill lewat aplikasi GoPay memiliki dua pilihan, yakni pengguna tinggal memfoto struk pembayaran untuk perhitungan jumlah patungan secara otomatis.

Kemudian, melalui metode tanpa struk, pengguna dapat membagi nominal secara merata maupun membagi sesuai kebutuhan.

“Lewat aplikasi GoPay, pengguna cukup memfoto struk pembayaran, menagihkan ke teman lewat nomor telepon yang terdaftar di akun GoPay," katanya.

Dia menambahkan, kita tidak perlu repot lagi memikirkan uang harus ditransfer lewat mana dan ke rekening mana, karena semuanya sudah terintegrasi di aplikasi GoPay.

Jika teman yang ditagih belum memiliki aplikasi GoPay maupun Gojek, notifikasi tagihan akan dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp.

GoPay hadirkan fitur baru Split Bill di Jakarta, Kamis (3/10/2014). [Suara.com/Dythia Novianty]GoPay hadirkan fitur baru Split Bill di Jakarta, Kamis (3/10/2014). [Suara.com/Dythia Novianty]

Saat Split Bill berhasil dibuat, anggota patungan akan menerima rincian tagihan dalam bentuk notifikasi “Bayar Split Bill” di aplikasi GoPay mereka.

Anggota patungan bisa langsung memproses pembayaran tanpa perlu tanya nomor rekening, cukup dengan konfirmasi nomor ponsel tujuan.

Notifikasi otomatis akan muncul di akun GoPay sehingga tidak perlu repot mengirim bukti transfer lagi.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #aplikasi #gopay #hadirkan #fitur #baru #split #bill #berbasis #pantungan #makin #gampang

KOMENTAR