Vivo Rilis Funtouch OS 15: Ada Fitur AI hingga Ultra Game Mode
Funtouch OS 15 berbasis Android 15. (Vivo)
16:08
3 Oktober 2024

Vivo Rilis Funtouch OS 15: Ada Fitur AI hingga Ultra Game Mode

Setelah berbagai teaser, Vivo akhirnya mengumumkan Funtouch OS 15. Sistem operasi dengan antarmuka anyar tersebut bakal hadir ke sejumlah HP Vivo dan iQOO yang memenuhi syarat.

Sebagai informasi, Google kabarnya siap menggulirkan Android 15 versi stabil pada pertengahan Oktober 2024. Sejumlah merek smartphone termasuk Vivo kini menyiapkan skin Android versi mereka yang berbasis Android 15.

Saat meluncur, Funtouch OS 15 mempunyai tagline 'New Era of Smooth'. Antarmuka anyar diklaim lebih lancar, minim lag, hingga mendukung fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Beberapa fitur yang dipamerkan mencakup AI Image Labs, Priority Scheduling Model, Memory Enhancement Technology, Ultra Game Mode, System Apps Overhaul, hingga Live Transcribe.

Baca Juga: Xiaomi Hapus Fitur Klasik di HyperOS: Selamat Tinggal, Waktu Tersembunyi di Bilah Status!

Dikutip dari MySmartPrice, pengguna nantinya dapat menjumpai fitur edit foto berbasis AI di aplikasi kamera dan galeri. Priority Scheduling Model memungkinkan smartphone memprioritaskan penggunaan sumber daya untuk tugas dan aplikasi yang sedang berjalan serta mengurangi proses latar belakang.

Funtouch OS 15 berbasis Android 15. (Vivo)Funtouch OS 15 berbasis Android 15. (Vivo)

Perusahaan mengklaim, ini akan meningkatkan kelancaran waktu loading aplikasi hingga 15 persen. Funtouch OS 15 menggunakan animasi berdasarkan desain dinamis yang terinspirasi oleh air.

"Setiap sentuhan seperti air," tulis Vivo saat mengenalkan fitur Aqua Dynamic Effect. Perusahaan membanggakan sensasi ujung jari yang seperti meluncur di atas air saat mengoperasikan perangkat.

Vivo turut mengintegrasikan AI Image Labs di FunTouch OS 15. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyempurnakan gambar apa pun menggunakan AI generatif.

Pengguna dapat meningkatkan resolusi gambar buram, menambah efek bokeh, menyesuaikan warna kulit, hingga menghapus objet dengan bantuan AI.

Baca Juga: Oppo Find X8: Desain Premium, Tahan Air dan Debu, Fitur Lengkap!

Funtouch OS 15 kini hadir dengan Ultra Game Mode anyar. Mode ini menyediakan dasbor praktis untuk akses cepat ke pengaturan jaringan dan menghapus aplikasi latar belakang saat pengguna memainkan game.

Funtouch OS 15 mulai diluncurkan dalam program beta mulai Oktober 2024. Empat smartphone pertama yang memperoleh Funtouch OS 15 yaitu iQOO 12, Vivo X Fold 3 Pro, Vivo X100 Pro, dan Vivo X100. Beberapa HP flagship Vivo yang debut pada Q4 2024 kemungkinan besar juga membawa antarmuka terbaru.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #vivo #rilis #funtouch #fitur #hingga #ultra #game #mode

KOMENTAR