Jangan Tergiur Harga Mobil Bekas Ford Fiesta yang Murah, Ternyata Penyakitnya Segudang
Ilustrasi: Ford Fiesta bekas. (OLX)
15:12
23 September 2024

Jangan Tergiur Harga Mobil Bekas Ford Fiesta yang Murah, Ternyata Penyakitnya Segudang

  Ford meluncurkan mobil Fiesta di Indonesia pada 2010 lalu. Kala itu, Ford Fiesta merupakan respons atas kehadiran mobil-mobil berjenis hatchback yang sangat populer seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki Swift dan beberapa merek Jepang lainnya.   Ford Fiesta kala itu juga merupakan mobil yang overkill. Kelewat canggih di kelasnya, desainnya juga bisa dibilang beyond, melampaui segmen-segmen sejenis lainnya dengan lampu sipit yang menambah kesan sporty dan garis lekuk bodi yang beda dari Yaris, Jazz atau Swift.   Namun sayang, mobil tersebut nggak berumur panjang. Diluncurkan pada 2010, cerita Ford Fiesta selesai pada 2016 bersamaan dengan Ford Motor Indonesia (FMI) yang berhenti beroperasi di Tanah Air.  

  Kini, Ford Fiesta banyak dijual murah. Namun jangan keburu tergiur harganya yang murah, ternyata Ford Fiesta juga dikenal dengan mobil yang penyakitan.   Dilansir dari Who Can Fix My Car, berikut deretan penyakit Ford Fiesta dari awal kehadirannya pada 2010 sampai generasi terakhirmya di Indonesia pada 2016 lalu.  

  Sering Overheat   Masalah yang paling umum dengan mesin Ford Fiesta dari awal hingga versi EcoBoost adalah panas berlebih yang disebabkan oleh sistem pendingin. Kondisi tersebut, overheat pada mesin banyak dikeluhkan dan sering bikin repot.   Namun, hal ini terutama memengaruhi model Fiesta awal, yang pipa pendingin nilonnya rentan rusak pada suhu tinggi. Selain itu, karakter mesin Fiesta memang terkenal bekerja di suhu tinggi, sehingga jika sistem pendinginannya bermasalah sedikit saja, kondisi overheat tidak bisa dihindari.  

  Transmisi Sering Rusak   Masalah berikutnya ada pada sektor transmisi. Mobil tersebut seperti sudah disinggung di atas, kelewat canggih jika dibandingkan dengan kompetitornya. Baik memang, tapi seiring waktu, akan cenderung merepotkan dan susah dirawat, misalnya pada komponen transmisi yang menggunakan DCT atau Dual Clutch Transmission.   Misalnya pada aktuator pemilih gigi pada kotak roda gigi Durashift Ford yang terkenal karena dapat menimbulkan masalah saat komponen internalnya rusak, yang menyebabkan loncatan gigi, tidak ada pemilihan gigi, tidak ada tampilan gigi, dan dalam beberapa kasus, gagal menyala.   Aktuator perlu diganti untuk memperbaiki gejala atau kerusakan tersebut. Dan, rata-rata, biaya perbaikan transmisi Ford Fiesta tidaklah murah.  

  Suspensi dan Kaki-kaki Lemah   Masalah lainnya adalah pada sektor kaki-kaki dan suspensinya yang terkenal payah dan penyakitan. Semua pemilik Ford Fiesta mengamini hal tersebut, sektor tersebut termasuk yang paling sering muncul.   Misalnya, suspensi sering kali mengeluarkan bunyi berisik yang disebabkan oleh sambungan bola roll bar. Sambungan ini berperan penting dalam menjaga mobil tetap stabil saat melewati tikungan cepat dan permukaan jalan yang tidak rata.   Selain itu, komponen undercarriage lain seperti steering rack Ford Fiesta juga terkenal cepat rusak. Komponen tersebut sering rusak walau sudah diganti baru dan banyak menjadi catatan para bengkel spesialis Ford.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #jangan #tergiur #harga #mobil #bekas #ford #fiesta #yang #murah #ternyata #penyakitnya #segudang

KOMENTAR