Kendaraan Mengeluarkan Asap Saat Dikendarai? Yuk, Kenali Warna yang Perlu Diantisipasi
Ilustrasi motor mengeluarkan asap. Pexels.com/Gera Cejas
18:24
22 September 2024

Kendaraan Mengeluarkan Asap Saat Dikendarai? Yuk, Kenali Warna yang Perlu Diantisipasi

Ada banyak cara untuk mengetahui kerusakan pada kendaraan. Salah satunya adalah melihat asap yang menyembur dari knalpot.

Hal ini bisa menjadi antisipasi bahwa kendaraan dalam kondisi sehat atau tidak. Bagi kendaraan yang sehat, pastinya tidak mengeluarkan warna.

Sebaliknya, jika knalpot kendaraan mengeluarkan warna. Pemilik bisa mewanti-wanti atau mengantisipasi kendaraan mereka.

Perlu diketahui, jika asap yang keluar dari knalpot hanya berupa asap putih tipis dan tidak bertahan lama sejak kendaraan pertama kali dinyalakan, maka kamu tidak perlu khawatir.

Sebab asap knalpot jenis ini muncul akibat adanya kondensasi atau pengembunan yang biasa terjadi pada mobil yang berada di lokasi bersuhu dingin.

Dikutip melalui Spinny (22/9), kita akan membahas warna asap keluar dari knalpot kendaraan yang perlu diantisipasi.

1. Warna Putih

Warna asap putih ada dua macam, yaitu asap putih tipis dan kedua asap putih tebal. Jika yang keluar dari knalpot adalah asap putih tipis, kamu tidak perlu khawatir.

Hal itu berarti proses pembakaran dan aliran pembuangan knalpot masih cukup bersih. Namun, jika asap knalpot putih tebal, berarti ada masalah dalam sistem pembakaran.

Biasanya hal ini disebabkan oleh oli yang masuk ke ruang pembakaran mesin dan ikut terbakar.

Sementara untuk kendaraan diesel, asap putih dan pekat yang dikeluarkan knalpot bisa jadi tanda jika sistem pembakaran solar tidak bekerja secara maksimal.

Hal ini bisa disebabkan karena jumlah solar di ruang bakar terlalu banyak, sehingga tidak terjadinya proses pembakaran dengan sempurna.

Untuk itu disarankan agar segera membawa kendaraan ke bengkel resmi atau ke tempat yang kamu berlangganan selama ini.

2. Warna Biru

Asap dengan warna biru bisa menandakan jika oli merembes ke bagian mesin. Masalah ini bisa disebabkan oleh head gasket.

Head gasket atau gasket kepala silinder adalah komponen mesin yang berfungsi sebagai segel untuk mencegah kebocoran dan kehilangan tekanan di antara kepala silinder dan blok mesin.

Sedangkan, kendaraan yang menggunakan mesin turbo, warna asap ini dapat menjadi pertanda jika blower turbo harus dilakukan penggantian.

Penyebab lain bisa dikarenakan katup sil atau yang sering disebut dengan ring piston. Ring piston yang aus bisa menyebabkan warna asap kendaraan menjadi kebiru-biruan.

3. Warna Abu

Warna asap knalpot kendaraan abu-abu ini sering ditemukan di jalan. Biasanya keluar dari knalpot kendaraan bertransmisi otomatis.

Warna abu-abu pada asap bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi. Jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes sehingga oli di dalam sistem transmisinya berkurang.

Sementara, untuk mobil pada umumnya, warna asap knalpot mobil abu-abu ini menandakan adanya kerusakan pada katup Positive Crankcase Ventilation (PCV).

Fungsi katup PCV adalah untuk mengontrol jumlah uap dan gas yang masuk dari ruang mesin ke intake manifold.

4. Warna Hitam

Selain asap putih pekat, knalpot mobil pun bisa mengeluarkan asap berwarna hitam.

Untuk kendaraan diesel masih dianggap normal, tapi untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, asap hitam merupakan tanda pembakaran yang tidak sempurna.

Biasanya, masalah ini diiringi juga mobil yang boros bensin dan tarikan berat.

Untuk menangani masalah ini, kamu harus mengecek kondisi filter udara.

Selain itu, komponen lainnya yang berhubungan dengan sistem pembakaran seperti sensor, fuel pressure regulator, dan injeksi bahan bakar.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kendaraan #mengeluarkan #asap #saat #dikendarai #kenali #warna #yang #perlu #diantisipasi

KOMENTAR