WhatsApp Luncurkan Fitur Kategori Saluran, Ini Fungsinya
Ilustrasi WhatsApp (Pexels.com/Anton)
11:00
22 September 2024

WhatsApp Luncurkan Fitur Kategori Saluran, Ini Fungsinya

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali menghadirkan inovasi dengan merilis fitur Kategori Saluran. Fitur ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan menemukan saluran yang sesuai dengan minat mereka.

Dalam keterangan resmi yang dirilis WhatsApp Indonesia pada Sabtu, dijelaskan bahwa Kategori Saluran terdiri dari beberapa topik, termasuk orang, organisasi, gaya hidup, olahraga, hiburan, bisnis, serta berita dan informasi.

Fitur ini dapat diakses melalui tab "Pembaruan," di mana pengguna bisa memilih opsi "Jelajahi" untuk melihat berbagai kategori dan saluran yang relevan.

WhatsApp pertama kali memperkenalkan fitur Saluran atau Channel lebih dari setahun yang lalu. Kini, fitur tersebut digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia setiap bulan untuk mendapatkan informasi dari berbagai saluran.

Saluran di WhatsApp dirancang sebagai cara sederhana dan privat bagi pengguna untuk menerima informasi terbaru dari orang atau organisasi yang diminati, langsung melalui aplikasi.

Admin Saluran WhatsApp memiliki kemampuan untuk mengirimkan berbagai jenis konten, mulai dari teks, foto, video, hingga stiker dan konten interaktif seperti jajak pendapat.

Selain itu, pengguna yang ingin mengikuti sebuah saluran dapat melakukannya melalui tautan undangan yang dibagikan melalui percakapan, email, atau unggahan daring.

WhatsApp juga menekankan komitmennya terhadap privasi pengguna. Nomor telepon dan foto profil admin tidak akan ditampilkan kepada para pengikut saluran, begitu pula nomor telepon pengikut yang tidak akan diungkapkan kepada admin atau pengikut lain.

Selain itu, admin juga memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka guna menjaga privasi. (Antara)

Editor: Riki Chandra

Tag:  #whatsapp #luncurkan #fitur #kategori #saluran #fungsinya

KOMENTAR