Dua 'Menkominfo' Kerja Sama Kembangkan Ekosistem Startup Indonesia
Eks Menkominfo Rudiantara (kiri) dan Menkominfo Budi Arie Setiadi (kanan) saat konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Dicky Prastya]
09:40
13 September 2024

Dua 'Menkominfo' Kerja Sama Kembangkan Ekosistem Startup Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menggandeng eks Menkominfo sekaligus Chairman Nexticorn Foundation Rudiantara untuk sama-sama mengembangkan ekosistem startup Indonesia.

Caranya, Kominfo dan Nexticorn Foundation bakal berkolaborasi dengan menggelar acara bertajuk NextHub Global Summit 2024: "Defrost the Tech Winter".

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan, kolaborasi tersebut merupakan upaya membangun ekosistem startup nasional yang agile, resilient, berdaulat, dan berkelanjutan.

"Saya rasa tidak berlebihan jika saya menyatakan bahwa agenda ini akan menjadi 'The biggest startup matchmaking event in the region' dengan misi untuk membangun ekosistem startup nasional yang agile, resilient, berdaulat, dan berkelanjutan," kata Budi Arie saat konferensi di Kantor Kominfo pada Selasa (11/9/2024) lalu.

Baca Juga: Aktivis HAM ke Erina dan Menkominfo: Lu Liat ke Stasiun Manggarai, Orang Hamil Gede Gak Dapat Transportasi Nyaman!

Menurutnya, acara yang akan berlangsung dari tanggal 23-25 September 2024 di Nusa Dua Bali itu akan dihadiri 140 startup, 120 venture capital dan 20 global enterprises dari Asia, Amerika, dan Eropa.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga menggelar global conference yang membahas peluang dan tantangan pengembangan startup digital di Asia Tenggara.

“Berkolaborasi dengan Techsauce Media untuk mendorong kerja sama antar negara dalam menghadapi tantangan global," tuturnya.

Sementara itu Chairman Nexticorn Foundation, Rudiantara mengungkapkan, kolaborasi ini menjadi upaya bersama mendorong pertumbuhan startup di Indonesia dalam menghadapi tantangan ekosistem terkini.

“Di tengah kondisi global yang tidak pasti atau tech-winter. Ini kolaborasi namanya atau bahasa kita namanya gotong royong," ungkapnya.

Baca Juga: Menkominfo Tetap Bantah Akun Fufufafa Milik Gibran: Itu Upaya Mengadu Domba

Rudiantara menyebut, Kementerian Kominfo dan Nexticorn telah berkolaborasi sejak tahun 2022 untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem startup digital nasional lewat pertemuan matchmaking dengan venture capital atau investor dari luar negeri.

“Nexticorn untuk mendukung pengembangan startup later-stage agar bisa menjadi unicorn, sementara Kementerian Kominfo fokus mengembangkan startup early-stage hingga mid-stage,” imbuhnya.

Upaya tersebut ditargetkan untuk mengembangkan dan menambah jumlah startup unicorn di Indonesia.

"Tahun Ini kita sampai saat ini belum ada lagi unicorn di tahun 2024. Tahun lalu kita masih ada total 22. Tahun 2022 itu cukup banyak unicorn di Indonesia,” tuturnya.

Untuk tahun ini, kolaborasi Kementerian Kominfo dan Nexticorn akan mempertemukan pelaku startup Indonesia baik early-stage, mid-stage hingga later-stage.

"Namanya Next-Hub. Mudah-mudahan ekosistem startup kita makin baik untuk semua stage, early stage, mid stage dan juga untuk later stage. Ini contoh gotong royong antara pemerintah Kominfo dengan Yayasan sebetulnya," tegasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #menkominfo #kerja #sama #kembangkan #ekosistem #startup #indonesia

KOMENTAR