Simak, Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Membeli Smartwatch
Ilustrasi: Smartwatch dengan desain persegi. (SamMobile).
14:44
12 September 2024

Simak, Ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Membeli Smartwatch

- Di era modern saat ini, segala hal bisa jadi perangkat pintar. Mulai dari smartphone sampai smart house, semuanya bisa dihubungkan dan dipermudah lewat teknologi mutakhir.

Salah satu teknologi yang juga ada di kehidupan sehari-hari adalah jam tangan. Tidak hanya jam tangan biasa, kini seseorang bisa memiliki jam tangan pintar atau smartwatch.

Jam tangan pintar ini tentu tidak hanya mampu menyajikan jam dan tanggal sederhana, melainkan bisa menjalankan fitur rumit seperti musik, alarm, dan deteksi kesehatan.

Ada juga beberapa smartwatch yang memiliki fitur yang sudah sangat mirip dengan smartphone. Smartwatch tersebut bisa digunakan untuk berkirim pesan, menelepon atau menonton video.

Bagi kamu yang ingin membeli smartwatch mungkin bingung akan mempertimbangkan aspek apa sebab baru pertama kali. Dilansir dari Life Wire da Cashify, berikut ini merupakan 7 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartwatch:

1. Harga

Hal pertama yang harus termasuk dalam pertimbangan utama membeli smartwatch adalah harga atau budget. Kamu harus menentukan seberapa besar dana yang kamu miliki untuk dibelikan sebuah smartwatch. Semakin mahal jam, maka semakin canggih pula fiturnya.

Kamu perlu mencocokkan harga dengan fitur yang ditawarkan. Apakah fitur jam dengan harga tertentu yang bisa kamu sanggupi pembayarannya sesuai dengan keinginan kamu. Ada beberapa merek yang menjual smartwatch dari yang murah, biasa sampai mahal dengan kualitas premium.

2. Layar LCD

Hal selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan melihat layar LCD. Dalam sebuah smartwatch, layar adalah yang terpenting karena kamu akan melihat waktu dan berbagai fitur lainya melalui layar LCD.

Kamu bisa memeriksa layar LCD mana yang lebih baik dan membandingkan antara satu merek dengan yang lain. Apabila layar LCD dari smartwatch tersebut bagus, hal ini tentu menunjang bagaimana kamu melihat dan menggunakan fitur smartwatch melalui layar LCD.

3. Kesesuaian HP

Selain dua poin di atas, ada juga poin kesesuaian smartwatch dengan HP. Untuk memaksimalkan fitur yang ada, smartwatch biasanya bisa dibuat untuk terkait pada HP utama. Sambungan ini biasanya menggunakan koneksi bluetooth untuk bisa tersambung.

Sebelum benar-benar membeli smartwatch, kamu perlu memeriksa apakah merek smartwatch yang kamu beli serupa dengan HP kamu. Namun, kamu juga bisa membeli smartwatch lain berbeda merk yang juga bisa menerima sambungan HP lain. Kesesuaian smartwatch dengan HP inilah yang harus diperhatikan.

4. Tampilan

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih sebuah smartwatch adalah untuk memerhatikan tampilan luarnya. Bagaimana bentuk jam lingkaran atau kotak, bahan tali jam dan bentuk layar beserta bezelnya. Untuk soal tampilan, kamu bisa menyesuaikan smartwatch mana yang sesuai dengan gayamu.

Apakah jam tersebut kamu gunakan sebagian item fesyen pelengkap sehari-hari atau hanya digunakan di olahraga pagi tentu memengaruhi jenis smartwatch yang kamu beli. Warna dari jam tangan, besar kecil dan cocok tidaknya dengan tanganmu juga harus masuk dalam pertimbangan.

5. Fitur dan Aplikasi

Fitur dan aplikasi adalah hal yang juga tidak bisa luput dalam pertimbangan memilih sebuah smartwatch. Kamu perlu smartwatch dengan kemampuan kompatibel untuk bisa menampung aplikasi yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa memeriksa fitur bawaan apa yang ada di smartwatch tersebut yang akan kamu dapatkan ketika membelinya. Misalnya, fitur aplikasi perencanaan olahraga yang bisa merekam waktu dan lokasi lari pagi.

6. Baterai

Tidak ada artinya smartwatch tanpa baterai. Oleh karenanya, baterai adalah hal penting untuk peritmbangan membeli smartwatch. Sebagai jam tangan, tentu tidak praktis apabila kita harus mengisi daya sesering mungkin padahal jam adalah benda paling menempel pada tubuh seseorang setiap hari.

Kamu bisa mencari seberapa lama batas waktu baterai smartwatch. Kamu juga bisa memeriksa apakah ada fitur fast charging atau isi daya dengan kecepatan cepat. Hal ini bisa ditunjang dengan baterai yang bagus dan optimal.

7. Komunikasi

Terakhir, kamu bisa memperhatikan aspek apakah smartwatch yang kamu akan beli memiliki aspek komunikasi didalamnya. Yang dimaksud dengan komunikasi adalah apakah smartwatch tersebut nantinya bisa disambungkan ke HP untuk telepon dan berkirim pesan.

Hal ini dikarenakan ada beberapa smartwatch yang memang hanya ada fitur jam pintar. Dengan mengetahui fitur ini, kamu bisa lebih memilih apakah kamu lebih suka dan sesuai dengan smartwatch yang memiliki fitur komunikasi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #simak #yang #harus #diperhatikan #sebelum #memutuskan #membeli #smartwatch

KOMENTAR